Pesan Paus Fransiskus untuk Indonesia: Kemajemukan Budaya dan Ideologi Berbeda Harus Dijaga

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 04 September 2024 | 12:30 WIB
Paus Fransiskus minta kemajemukan budaya dan ideologi yang berbeda harus dijaga (Foto/Vatican News)
Paus Fransiskus minta kemajemukan budaya dan ideologi yang berbeda harus dijaga (Foto/Vatican News)

BeritaNasional.com - Petinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus memberi pesan untuk Indonesia agar menjaga kemajemukan budaya dan ideologi.

Menurutnya, keseimbangan antara kemajemukan budaya yang besar, ideologi berbeda, dan cita-cita mempererat persatuan adalah hal bijaksana yang rentan ini.

Namun ia berpesan agar hal tersebut harus terus dibela karena menjadi dasar atas kepercayaan rakyat Indonesia.

“Haruslah dibela terus-menerus dari berbagai ketimpangan. Ini adalah karya keterampilan yang dipercayakan kepada semua orang,” ujar Paus di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Paus mengingatkan hal tersebut secara khusus perlu dilaksanakan para elite yang berkiprah di ranah politik.

Ia berpendapat, para elite politik Indonesia harus memperjuangkan kerukunan, persamaan, rasa hormat atas hak-hak dasar manusia, dan pembangunan berkelanjutan.

“(Kemudian) solidaritas dan upaya mencapai perdamaian, baik di dalam masyarakat maupun dengan bangsa-bangsa serta negara-negara lain,” tuturnya.

Ia menilai kerukunan di dalam perbedaan dicapai karena perspektif-perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan bersama dari semua orang.

“Ketika setiap kelompok suku dan denominasi keagamaan bertindak dalam semangat persaudaraan, seraya mengejar tujuan luhur dengan melayani kebaikan bersama,” kata dia.

Selain itu, ia juga menilai kesadaran berpartisipasi atau solidaritas menjadi unsur hakiki sehingga masyarakat bisa bergotong-royong membantu tanah air.

“Membantu mengidentifikasi solusi-solusi yang tepat, untuk menghindari kejengkelan yang muncul dari perbedaan dan untuk mengubah perlawanan kepada kerja sama yang efektif,” ucapnya.

 
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: