Begini Tips agar Gen Z Menyukai Batik

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 07 September 2024 | 21:00 WIB
Mengajak gen Z mencintai batik (Foto/Pixabay)
Mengajak gen Z mencintai batik (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Seniman Batik Dave Tjoa menyampaikan sejumlah tips untuk mengenalkan batik tulis tradisional supaya digemari generasi Z alias gen Z.

"Berbicara batik dengan gen Z saat ini tidak mudah. Namun ada tips dan trik pendekatannya," kata Dave Tjoa.

Ia mengatakan, untuk mengenalkan batik kepada anak dari generasi Z (tahun kelahiran 1996-2010) dan Alpha (tahun kelahiran >2010) pertama dimulai dari orang tua.

Misalnya, ujar dia, orangtua mengenakan batik. Lalu mengajak anak-anak mengunjungi pameran batik, galeri batik, pusat pembuatan batik.

"Biarkan anak-anak memilih warna dan motif batik tulis apa yang mereka sukai," kata dia dikutip dari Antara.

Menurut Dave, generasi saat ini biasanya lebih tertarik pada warna lembut yang sejenis seperti monokrom atau pastel, dan motif sederhana bercorak tidak padat.

Ia menilai dengan begitu anak remaja bisa leluasa memadukan batik tradisional pilihan mereka. Biarkan mereka memakai batik dengan dipadukan jaket atau celana jeans, sepatu sneakers, atau bot sepetti tren fesyen saat ini.

"Mereka akan terbiasa asalkan jangan dipaksakan dengan batik motif lawas, sehingga bagi mereka batik tidak 'membosankan'. Baru kemudian kita lihat cinta itu akan tumbuh dengan sendirinya sehingga dia akan mencari yang lebih khas lagi," ujarnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: