Layanan E-Paspor di KJRI Sydney Diresmikan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 07 September 2024 | 19:00 WIB
Layanan E-Paspor di KJRI Sydney diresmikan (Foto/Kemenlu)
Layanan E-Paspor di KJRI Sydney diresmikan (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney Vedi Kurnia Buana membuka peluncuran e-paspor yang diadakan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney, Australia.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, Duta Besar RI Australia, Dr. Siswo Pramono, serta perwakilan pelajar, komunitas Indonesia dan diaspora Indonesia di Sydney. 

Konjen Vedi mengatakan, pihaknya mengapresiasi segenap pimpinan dan staf Ditjen Imigrasi atas terpilihnya KJRI Sydney untuk menginisiasi layanan e-paspor pertama di Australia dan Pasifik. 

“Dengan adanya penambahan fitur e-paspor pada layanan imigrasi, tentunya akan semakin mempermudah dan menambah kebanggaan serta percaya diri bagi komunitas/diaspora WNI di luar negeri dalam melakukan perjalanan lintas negara," ujarnya.

"Peluncuran e-paspor ini merupakan upaya meningkatkan layanan Perwakilan RI kepada WNI sebagai bagian dari prioritas kebijakan luar negeri, pelayanan dan pelindungan WNI", ujar Wakil Menteri Luar Negeri Pahala.

Ia berharap, layanan e-paspor akan mendukung upaya Indonesia meningkatkan people-to-people contact dengan Australia, khususnya antar pelaku bisnis dan peningkatan tenaga kerja profesional Indonesia yang bekerja di Australia.

Paspor elektronik dilengkapi dengan chip yang menyimpan data biometrik yang memberikan kemudahan bagi pemegangnya saat melewati gerbang otomatis (autogate) di bandara. Dengan fitur keamanan yang lebih mutakhir, paspor elektronik lebih aman dari potensi pemalsuan dan memudahkan WNI di Australia yang kerap melakukan perjalanan internasional karena proses pemeriksaan imigrasi yang lebih seamless.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: