Cawagub Suswono Ingin Terapkan Urban Farming di Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 08 September 2024 | 15:45 WIB
Cawagub Jakarta Suswono saat diwawancarai setelah berolahraga bersama warga. (BeritaNasional/Ahda)
Cawagub Jakarta Suswono saat diwawancarai setelah berolahraga bersama warga. (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta pendamping Ridwan Kamil, Suswono, memberikan gagasan urban farming atau pertanian kota bila terpilih. Program ini dilakukan supaya Jakarta bisa memproduksi pangan sendiri.

"Bukan berarti Jakarta itu nanti tidak bisa memproduksi pangan. Karena kita bisa juga menggerakkan yang namanya urban farming, pertanian kota," katanya di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Minggu (8/9/2024).

Saat menjadi menteri pertanian 2009-2014, Suswono menggagas program pertanian di atas rumah warga. Ia ingin menerapkan kembali program tersebut di Jakarta.

"Bahkan, kalau yang serius dulu kita membangun pertanian di atas rumah, (yang biasanya) pakai genteng, di dak (cor). Itulah kita buat pertanian di atas rumah, bisa. Nah ini salah satu, di berbagai kota, di beberapa negara sudah dilakukan. Dilihat dari atas itu hijau rumah-rumah, itu menarik," kata Suswono.

Ketika itu, Suswono mengenal komunitas Indonesia Berkebun yang diketuai pasangannya, Ridwan Kamil. Komunitas tersebut memanfaatkan lahan sempit menjadi lahan bercocok tanam.

Suswono akan menerapkan program itu dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Daerah Khusus Jakarta.

"Jadi, lahan-lahan sesempit apa pun sebetulnya bisa untuk mendukung ketahanan pangan. Menanam cabai kan gampang, pakai polybag di depan rumah ataupun tanam kangkung di pagar, bisa kok. Asal ada kemauan," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: