PLN Berkomitmen Kembangkan Hidrogen sebagai Pembangkit Listrik Masa Depan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 08 September 2024 | 23:00 WIB
Salah satu stasiun pengisian hidrogen untuk kendaraan. (Foto/PLN)
Salah satu stasiun pengisian hidrogen untuk kendaraan. (Foto/PLN)

BeritaNasional.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkomitmen mengembangkan hidrogen sebagai energi terbarukan masa depan.

Koordinator Pelayanan dan Pengawasan Usaha Aneka Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM Muhamad Alhaqurahman Isa menyatakan hidrogen sebagai salah satu sumber energi alternatif bisa menjadi solusi atas ketidaksesuaian antara pasokan dan permintaan energi.

“Dengan potensi energi baru terbarukan yang tinggi di daerah dengan permintaan rendah, hidrogen dapat menjadi solusi untuk menyimpan dan mendistribusikan energi ke daerah yang membutuhkan,” jelasnya dalam diskusi bertajuk Catalyzing Hydrogen Solutions for a Sustainable World di Indonesia International Sustainability Forum (IISF) 2024 yang dikutip pada Minggu (8/9/2024).

Isa mengungkap tiga peran hidrogen yang digunakan di masa depan, yaitu, mendukung pengembangan energi terbarukan, mencapai target dekarbonisasi, dan berperan dalam pasar ekspor.

“Saat ini, Indonesia memanfaatkan sekitar 1,75 juta ton hidrogen per tahun, terutama di sektor industri seperti pupuk, minyak, dan gas.

Menurut Isa, pada 2060, pemanfaatan hidrogen meningkat menjadi sekitar 9,9 juta ton per tahun dengan sektor pembangkit listrik sebagai pengguna terbesar.

Selain dekarbonisasi di sektor kelistrikan, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menekankan peran PLN dalam transisi energi ke pengembangan hidrogen.

PLN, lanjut dia, berkomitmen menjadi katalisator dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

“Kami telah berhasil menghindarkan emisi sebesar 3,7 miliar ton CO2 melalui berbagai inovasi dan upaya transformasi. PLN akan terus melakukan pengembangan energi bersih di mana hidrogen menjadi salah satu alternatifnya,” kata Darmawan.

Pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan teknologi baru seperti hidrogen.

Misalnya, penandatanganan nota kesepahaman dengan Hidrogene De France (HDF) Energy untuk menjajaki pengembangan ekosistem hidrogen dalam rangka penyusunan roadmap strategi PLN di Indonesia pada forum IISF 2024.

Darmawan mengatakan kerja sama antara PLN dan HDF Energy ini bertujuan mendukung transisi energi berkelanjutan di Indonesia, di mana hidrogen diproyeksikan menjadi salah satu energi alternatif.

‘’PLN akan mengembangkan pembangkit listrik yang menggabungkan sumber energi terbarukan dengan penyimpanan energi dalam bentuk hidrogen,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: