Jokowi Resmi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Gantikan Risma

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 11 September 2024 | 09:36 WIB
Presiden Jokowi melantik Gus Ipul sebagai Menteri Sosial. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi melantik Gus Ipul sebagai Menteri Sosial. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Menteri Sosial dalam sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Pelantikan Gus Ipul berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024). Ia juga dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Jokowi kemudian memimpin sumpah jabatan Gus Ipul.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti oleh Gus Ipul.

Setelah itu, acara pelantikan kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara sumpah jabatan.

Lalu terdapat sesi pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi untuk kemudian diikuti para tamu undangan terbatas yang hadir.

Adapun Gus Ipul menggantikan posisi dari Tri Rismaharini yang mundur usai daftar cagub Jawa Timur.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: