Suswono Sesalkan PKS Diframing Khianati Anies Baswedan

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 11 September 2024 | 11:04 WIB
Calon wakil gubernur Jakarta, Suswono. (BeritaNasional/Ahda).
Calon wakil gubernur Jakarta, Suswono. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Suswono mengatakan, PKS selalu di-framing berkhianat kepada Anies Baswedan usai tak mendukungnya di Pilgub 2024.

"Selama ini di-framing seolah-olah PKS berkhianat kepada Anies. Kan sama sekali pemutar balikan fakta," kata Suswono kepada wartawan di Jakarta Timur, Selasa (10/9/2024).

Oleh karena itu, lanjut Suswono, dia berkeliling ke DPC PKS untuk kembali meraih hati para kader.

"Semua untuk menenangkan hati kader PKS yang kecewa. Ya justru dengan struktur yang ada, mereka lah yang nanti setelah diberi penjelasan secara gamblang, kronologi dan apa latar belakangnya sehingga kesalahpahaman itu InsyaAllah akan hilang," ujar Suswono.

Eks Menteri Pertanian itu menjelaskan, kala itu PKS memang tak bisa mengusung Anies karena perolehan kursi di Pileg 2024 tak cukup untuk mencalonkan sendiri.

Di saat itu pula, keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perubahan ambang batas minum pencalonan belum keluar. Akhirnya, PKS terlebih dahulu mendeklarasikan Ridwan Kamil-Suswono.

"Memang PKS gak bisa mengusung Anies karena waktu itu memang sampai pada saat deklarasi, keputusan MK kan belum ada," jelas Suswono.

"Jadi ini yang harus dipahami bahwa dengan penjelasan ini kepada kader. Ya mungkin ada orang yang masih salah paham, mudah-mudahan dengan penjelasan itu mereka bisa memahami dan kemudian mengambil sikap yang tepat, tidak berdasarkan emosi sesaat," tambahnya.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: