Menag Yaqut Bantah Mangkir Pemanggilan Pansus Haji, Klaim Tak Pernah Terima Surat Undangan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 11 September 2024 | 12:00 WIB
Menag Yaqut membantah mangkir pemanggilan pansus haji  (Foto/Kemenag)
Menag Yaqut membantah mangkir pemanggilan pansus haji (Foto/Kemenag)

BeritaNasional.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berdalih tidak pernah menerima undangan untuk hadir dalam rapat Pansus Haji di DPR. Ia membantah mangkir dua kali dari pemanggilan oleh Pansus Haji DPR.

"Tetapi sampai saya datang ke sini, nih sampai saya datang ketemu kawan-kawan ini, saya belum pernah mendapatkan surat panggilan itu. Bisa dicek di Kesekretariatan Kesekjenan DPR kan bisa dicek ya," kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Maka itu, Yaqut heran dengan dasar pernyataan Anggota Pansus Haji DPR Marwan Jafar yang menyebut dirinya mangkir dua kali dari pemanggilan Pansus. Karena selama ini belum ada surat yang datang.

"Jadi saya nggak tahu, dasarnya dari mana. Makanya saya pengen tahu juga. Apakah benar saya sudah pernah dipanggil dua kali? Karena kok saya belum menerima nih surat," katanya.

"Apakah surat itu tidak sampai ke saya salah alamat atau bagaimana saya tidak tahu," sambungnya.

Sebelumnya, Panitia Khusus (Pansus) Haji DPR akan memanggil paksa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas jika terus mangkir dari undangan rapat Pansus di DPR.

Seperti diketahui, hingga saat ini, Yaqut belum memenuhi undangan pemanggilan dari Pansus Haji.

"Mangkir lagi ketiga kalinya, sesuai dengan UU MD3, kita akan memanggilnya untuk ketiga kalinya dan jika perlu, kita akan menggunakan pihak kepolisian untuk memanggil secara paksa," kata anggota Pansus Haji Marwan Jafar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dengan ketidakhadiran pada pemanggilan hari ini, Menag Yaqut telah dua kali tidak hadir dalam rapat Pansus Haji.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: