PKB: 44 Kementerian di Era Prabowo Sedang Didiskusikan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 11 September 2024 | 17:45 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat bertemu dengan Prabowo. (BeritaNasional/Instagram/smindrawati).
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat bertemu dengan Prabowo. (BeritaNasional/Instagram/smindrawati).

BeritaNasional.com -  Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengungkapkan bahwa jumlah kementerian di era Presiden Prabowo Subianto tengah didiskusikan, termasuk nomenklatur dari 44 kementerian tersebut.

"Setahu saya, memang sedang digodok dan didiskusikan nomenklaturnya. Misalnya, 44 kementerian itu terdiri dari apa saja," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Hingga saat ini, PKB belum mendapatkan informasi rinci mengenai susunan kabinet Prabowo-Gibran, termasuk jumlah menteri koordinator dan menteri teknis.

"Belum ada informasi mengenai jumlah menteri koordinator dan menteri teknis. Kita belum mendapatkan bocoran utuhnya," kata Huda.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendengar kabar bahwa jumlah kementerian di era Presiden Prabowo Subianto akan ditambah menjadi 44. Hal ini dimungkinkan karena UU Kementerian Negara telah memberikan fleksibilitas kepada presiden untuk menentukan jumlah kementerian sesuai kebutuhan.

"Karena nanti, dari 34 (menteri) akan menjadi 44. Mudah-mudahan, kawan-kawan kita yang hari ini ada di DPR, berkesempatan untuk menjadi eksekutif," ujar politikus yang akrab disapa Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Saat dikonfirmasi kembali, Bamsoet mengungkapkan bahwa penambahan jumlah kementerian menjadi 44 masih merupakan isu. Namun, politikus Golkar ini memastikan bahwa jumlah kementerian akan ditambah dari 34.

"Itu baru isu saja, gosip-gosip. Mudah-mudahan masih bisa berubah. Yang jelas, ada penambahan," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: