TNI Siap Punya Angkatan Siber

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 11 September 2024 | 17:35 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak saat raker dengan DPR. (BeritaNasional/Elvis)
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak saat raker dengan DPR. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap memiliki angkatan siber. Tambahan matra ini bertujuan menghadapi ancaman perang siber di masa mendatang.

"Ya, itu kan sudah jadi ancaman global. Sekarang sudah terbukti beberapa permasalahan tentang data-data kita segala macam. Ya, kita akan telusuri supaya bisa punya organisasi yang baik untuk bisa memfungsikan, mengantisipasi perkembangan siber," ujar Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Maruli mengatakan bakal ada duduk bersama antara Kemhan, TNI, dan Kemenkominfo untuk membahas matra tambahan siber.

"Sebenarnya, itu akan berpengaruh ke keamanan. Itu memang kemarin kan antara Kominfo dengan angkatan. Kemhan ya mungkin perlu duduk bersama. Nanti, kita bagaimana mungkin apa perlu dibagi tugasnya atau siapa yang bertanggung jawab nanti kita bisa," katanya.

Dia yakin matra siber ini bakal bisa terbentuk di pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Sudah pasti lah itu karena hampir semua negara di dunia sudah membuat tim-tim yang seperti itu," kata Maruli.

Sementara itu, TNI AU sudah siap menghadirkan pasukan siber. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Mohamad Tonny Harjono mengatakan saat ini pihaknya punya satuan siber di bawah dinas pengamanan. Selain itu, ada pendidikan siber di TNI AU.

"Kami didik anggota-anggota angkatan udara, yang punya basic ilmu IT, menjadi mengawaki satuan-satuan siber. Lebih lanjut nanti ikut kebijakan TNI," tutur Tonny.

Jadi, TNI AU siap apabila ada matra khusus siber dibentuk. Menurut dia, matra siber bisa beranggotakan prajurit TNI dan masyarakat sipil.

"Kalau memang dari kita punya angkatan, Angkatan Siber, awak-awaknya gabungan dari TNI dengan sipil tidak masalah. Tapi, yang penting tujuan dibuat organisasi itu terkait apa, lebih ke situ sih. Kami tidak masalah dari sipil atau militer," ujar Tonny.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: