Apa Itu Blijvers? Salah Satu Jalan Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 12 September 2024 | 13:01 WIB
Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes. (Foto/PSSI).
Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Nama Maarten Paes sedang menjadi perbincangan masyarakat Indonesia usai penampilannya berseragam Garuda dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 gemilang. Ya, kiper asal FC Dallas ini bisa dibilang menjadi tembok kokoh bagi pertahanan Timnas Indonesia.

Saat melawan Arab Saudi, Maarten Paes melakukan penyelamatan dari gempuran sehingga Indonesia bisa mencuri satu poin. Tidak sampai disitu, saat melawan Australia, Maarten Paes kembali menjadi momok yang sulit ditembus oleh lawan.

Alhasil, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Australia pada laga kedua grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bisa dibilang, perjuangan PSSI untuk naturalisasi Maarten Paes tidaklah sia-sia karena penampilannya memang layak untuk berseragam Timnas Indonesia. Namun, perlu diketahui Maarten Paes merupakan pemain naturalisasi melewati jalur Blijvers.

Lalu apa itu Blijvers?

Dirangkum dari beragam sumber, Blijvers merupakan sebutan untuk pendatang dari Eropa yang menetapkan diri dan beradaptasi di Hindia Belanda. 

Blijvers adalah keturunan orang asli Belanda etnis Eropa atau Kaukasian yang lahir di Hindia-Belanda atau Indonesia sebelum merdeka.

Nenek dari Paes dilahirkan di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur dan sempat tinggal selama 5-6 tahun. Sehingga Paes akhirnya bisa membela Indonesia meskipun tidak mempunyai darah merah putih sama sekali.

Atas hal tersebut, kiper kelahiran Nijmegen bisa membela Timnas Indonesia. Saat ini kiper dengan tinggi 191cm itu bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama FC Dallas.

Dia merupakan pemain naturalisasi rekomendasi Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kiper 25 tahun itu menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: