Soal Tiket KRL Naik, Kemenhub: Belum Ada Keputusan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 12 September 2024 | 14:30 WIB
Ilustrasi naik KRL (Beritanasional/Oke Atmaja)
Ilustrasi naik KRL (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, hingga kini belum ada keputusan terkait kenaikan harga tiket kereta rel listrik (KRL).

"Sampai sekarang belum juga. Belum ada keputusan apakah itu naik atau tidak. Tunggu saja, kita tunggu kabinet (pemerintahan) baru, baru kita seperti apa arahnya ya. Kalau tebak-tebakan tidak keren juga," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal.

Terkait dengan soal wacana tarif tiket KRL berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), Risal menyampaikan hal tersebut belum ada.

"Masih belum ada, pokoknya kita tidak tebak-tebakan dulu. Saya menunggu arahan dulu yang terbaru," katanya dikutip dari Antara.

Namun Kemenhub mengakui bahwa pihaknya sudah memiliki kajian terkait untuk menaikkan tarif kereta KRL sebesar Rp 1.000.

"Ada, kajian itu ada sebenarnya, waktu itu kita mau menaikkan sebanyak Rp 1.000. Waktu itu ya Rp 1.000-2.000 itu posisinya. Untuk penerapannya belum. Kajian itu ada, hanya cuma naik Rp 1.000," kata Risal.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberian subsidi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk tiket kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek pada 2025 masih bersifat wacana.

Budi mengatakan, memang sedang dilakukan studi agar semua angkutan umum bersubsidi digunakan oleh orang yang memang sepantasnya mendapatkan subsidi.

Namun, kata dia, semua opsi yang ada masih bersifat wacana dan belum ada keputusan final.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: