PKS Ikut Usulkan Heru Budi Jadi Pj sampai Gubernur Definitif Dilantik

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 12 September 2024 | 15:30 WIB
Heru Budi Hartono (tengah) diusulkan kembali menjadi Pj Gubernur Jakarta oleh beberapa fraksi di DPRD DKI. (BeritaNasional/Lydia)
Heru Budi Hartono (tengah) diusulkan kembali menjadi Pj Gubernur Jakarta oleh beberapa fraksi di DPRD DKI. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta kembali memilih Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) gubernur usai masa jabatannya untuk tahun kedua habis pada 17 Oktober. Hal itu diungkapkan langsung oleh calon ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin.

"Sudah (menentukan), yaitu Pak Heru Budi Hartono," kata Khoirudin kepada wartawan pada Kamis (12/9/2024).

Khoirudin menilai kinerja Heru selama dua tahun sangat bagus sehingga layak untuk menuntaskan jabatannya sampai gubernur definitif dilantik. Selain itu, Khoirudin menganggap Heru bisa membawa kedamaian.

"Kinerjanya bagus, membawa kedamaian," tambahnya.

Sebelum PKS, PDIP, PSI, dan Partai Demokrat lebih dulu mengumumkan bahwa mereka mengusulkan Heru.

Meski demikian, Fraksi PDIP mengusulkan satu nama lain selain Heru, yaitu Joko Agus Setyono yang kini menjabat sekretaris daerah (Sekda).

"Iya, kami juga (mengusulkan Heru). Satu lagi Sekda, Pak Joko," kata Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Chicha Koeswo kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Chica mengatakan PDIP memilih Heru karena masa pemerintahan sebelum gubernur definitif dilantik hanya tersisa kurang lebih tiga bulan. Karena itu, lebih baik jika DKI 1 tetap dipegang Heru.

"Kalau Pak Heru, ya ini kan tinggal berapa bulan lagi, ya sudah diteruskan saja. Jadi, lebih efisien gitu. Lebih terukur," ujar Heru.

Sayangnya, Chica tak merincikan lebih lanjut alasan PDIP memilih Joko.

"Pokoknya, ada dua nama saja kemarin. Heru ya tahu pergerakannya seperti apa. Nah, untuk mengawal Pilkada ini kan juga dibutuhkan orang yang memang sudah mumpuni untuk itu," tambahnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: