Elektabilitas Dedi Mulyadi Meroket Dibanding Cagub Jabar Lain

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 13 September 2024 | 08:30 WIB
Elektabilitas Dedi Mulyadi meroket (Beritanasional/Oke Atmaja)
Elektabilitas Dedi Mulyadi meroket (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Indikator Politik menempatkan Calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mulyadi di posisi nomor satu dalam hasil survei Pilkada Jabar 2024.

Survei tersebut dilakukan pada 2-8 September 2024 di Jabar. Nama Dedi unggul dibandingkan Ahmad Syaikhi, Acep Adang Ruhiyar, dan Jeje Wiradinata.

Menurut Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Dedi mendapat skor 77,3 persen.

“Dedi 77,3 persen, Ahmad Syaikhu 10,8 persen, Acep Adang Ruhiyat 2,2 persen, Jeje Wiradinata 2,1 persen. Yang tidak tahu/tidak jawab 7,7 persen,” ujar Burhanuddin, Kamis (12/9/2024).

Ia mengatakan, pertarungan di Pilkada Jabar tidak terlalu kompetitif lantaran nama Dedi Mulyadi mendominasi.

“Jadi memang tidak terlalu kompetitif ya sejauh ini,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan mengapa ahmad syaikhu hanya mendapat elektabilitas sekitar 10,8 persen. Menurutnya, presiden PKS tersebut kurang populer di Jabar.

“Salah satunya adalah faktor popularitas dia yang masih sangat kurang. Sementara Kang Dedi itu popularitasnya hampir 100 persen warga Jawa Barat mengenal dan menyukai,” kata dia.

Dalam survei tersebut, Indikator Politik menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang.

Selain itu, survei tersebut juga memiliki margin of eror sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat yang terdistribusi secara proporsional dan responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: