Survei Dedi Mulyadi Tertinggi di Jabar karena Faktor Perhatian kepada Warga

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 13 September 2024 | 09:00 WIB
Elektabilitas Dedi Mulyadi meroket (Beritanasional/Oke Atmaja)
Elektabilitas Dedi Mulyadi meroket (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Indikator Politik menempatkan Calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mulyadi di posisi nomor satu dalam hasil survei Pilkada Jabar 2024.

Survei yang dilakukan pada 2-8 September 2024 di Jabar tersebut membandingkan elektabilitas Dedi, Ahmad Syaikhi, Acep Adang Ruhiat, dan Jeje Wiradinata.

Menurut Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Dedi mendapat skor tertinggi karena faktor perhatian.

“Kita tanya alasan memilih calon gubernur barusan, 4 dari 10 orang Jabar memilih cagub karena faktor orangnya perhatian sama rakyat sebanyak 42,6 persen,” ujar Burhanuddin, Kamis (12/9/2024).

Meski demikian, ia mengatakan ada pula pemilih yang menimbang karena tak mengenal nama cagub lain sebanyak 16,1 persen.

“Dari 42,6 persen, base line warga jabar yang memilih karena faktor perhatian dengan rakyat, itu paling didominasi oleh pemilih Dedi Mulyadi,” tuturnya.

Burhanuddin mengatakan, faktor perhatian kepada warga menjadi kekuatan Dedi Mulyadi. Ia menduga Dedi rajin menemui warga.

“Mungkin karena orangnya rajin muter ke seluruh wilayah di Jawa Barat. Nanti kita bisa cek itu dalam pertanyaan mengenai sosialisasi,” kata dia.

Ia mengatakan, ada faktor lain yang membuat Dedi Mulyadi kuat, di antaranya menjadi bupati Purwakarta 2 periode.

“Setidaknya Kang Dedi sudah punya jejak elektoral yang cukup panjang. Sebelumnya pernah menjadi bupati Purwakarta 2 periode,” ucapnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: