Putin: Banyak Negara Ingin Masuk BRICS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 13 September 2024 | 12:30 WIB
Putin mengatakan banyak negara ingin masuk BRICS (Foto/X President of Russia)
Putin mengatakan banyak negara ingin masuk BRICS (Foto/X President of Russia)

BeritaNasional.com - Presiden Rusia Vladimir Putin melangsungkan pertemuan dengan perwakilan negara-negara BRICS (organisasi antar pemerintah yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, Afrika Selatan, Iran, Mesir, Etiopia, dan Uni Emirat Arab) di St. Petersburg, Rusia.

Putin mengatakan,"Saat ini lebih dari tiga puluh negara yang ingin bergabung dengan BRICS."

“Kita tidak dapat mengabaikan meningkatnya minat banyak negara pada BRICS. Saat ini lebih dari 30 negara telah menyatakan keinginan untuk bergabung dengan organisasi ini dalam berbagai bentuk," ujar Putin.

Sebuah diskusi aktif juga telah dimulai di antara semua peserta BRICS mengenai modalitas untuk kategori baru negara mitra.

BRICS sendiri bertujuan memperkuat suara negara-negara berkembang untuk mengimbangi tatanan global yang dipimpin oleh Barat.

Anggota-anggota pendirinya menyerukan tatanan dunia yang lebih adil dan reformasi lembaga-lembaga internasional seperti PBB, Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia. Aliansi BRICS didirikan pada tahun 2006 oleh Brasil, Rusia, India dan China.

Dikutip dari VOA, Afrika Selatan bergabung pada tahun 2010. BRICS baru-baru ini diperluas, dan kini anggotanya mencakup Iran, Mesir, Etiopia, dan Uni Emirat Arab
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: