Wasit Dibogem Pemain saat Laga Aceh vs Sulawesi Tengah di Cabor Sepak Bola PON XXI

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 15 September 2024 | 06:33 WIB
Wasit dibogem pemain Sulteng. (Foto/X/@YosepYesna1363)
Wasit dibogem pemain Sulteng. (Foto/X/@YosepYesna1363)

BeritaNasional.com - Laga panas terjadi di babak semifinal cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 antara Aceh vs Sulawesi Tengah. Laga dihentikan karena seorang pemain memberikan bogeman kepada wasit.

Berlangsung di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, sejatinya Sulteng sudah unggul dengan skor 1-0 dari tuan rumah Aceh lewat Wahyu Alan pada menit ke-24.

Laga berlangsung keras dikarenakan wasit banyak mengeluarkan kartu dari sakunya. Wasit mengeluarkan kartu merah di menit ke-74 setelah Wahyu Alman diusir keluar karena dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga hampir mengenai pemain Aceh.

Pemain Sulteng kembali dihadiahi dua kartu merah oleh wasit. Wasit juga memberikan tambahan waktu di babak kedua sebanyak 13 menit.

Puncaknya pun terjadi di menit ke-97, wasit memberikan keputusan kontroversial dengan menunjuk titik putih bagi tuan rumah Aceh. Jika dilihat dari replay, pemain Sulteng mengambil bola tepat sasaran dan tidak melakukan pelanggaran.

Tidak terima dengan keputusan itu, pemain Sulteng bernomor punggung 15 Rizki Saputra memukul wasit di bagian kepala hingga terjatuh. Bahkan wasit sempat mendapatkan perawatan medis, sebelum dibawa keluar lapangan dengan mobil ambulan. 

Setelah beberapa menit, pertandingan kembali dilanjutkan. Rizki Saputra mendapatkan kartu merah dari wasit yang menjadi kartu merah ketiga untuk Sulteng.

Pemain tim Aceh melakukan eksekusi penalti, tetapi Rexy masih bisa melakukan penyelamatan. Laga masih dalam keadaan skor 0-1. 

Meski demikian, beberapa saat kemudian, Aceh kembali mendapatkan hadiah penalti. Wasit memberikan hadiah penalti usai pemain Sulteng dianggap melakukan handsball. 

Akmal Juanda mengambil penalti pun sukses melakukan tugasnya, dan skor menjadi imbang 1-1.

Setelah peluit panjang dibunyikan wasit, laga seharusnya dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Namun, tim Sulteng memutuskan untuk mengundurkan diri alias WO yang membuat Aceh yang dipastikan lolos ke semifinal, sementara Sulteng harus terhenti langkahnya di babak 8 besar.

Di partai semifinal. Aceh akan berhadapan dengan Jawa Timur pada Senin 16 September 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: