Gempa M 5,3 Guncang Sukabumi, Begini Penjelasan BMKG

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 15 September 2024 | 18:50 WIB
Ilustrasi gempa. (Foto/Pixabay).
Ilustrasi gempa. (Foto/Pixabay).

BeritaNasional.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan mengenai gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 yang terjadi di wilayah Pantai Selatan Sukabumi, Jawa Barat, pada hari ini, Minggu (15/9/2024) pukul 16.54 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,813° LS ; 106,43° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 Km arah Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 65 km. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia ( intra-slab ),” jelas Daryono dalam keterangannya, Minggu (15/9/2024).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust),” imbuh dia.

Daryono menuturkan Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sukabumi, Cireungas, Ujung genteng, Nagrak, dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah). 

“Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Cimahi, Lembang, Banjaran, Kab. Bandung dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: