Persib Bandung Tumbangkan PSIS, Bojan Hodak Sebut Pertandingan yang Sulit

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 16 September 2024 | 04:00 WIB
Tyronne Del Pino (kiri) merayakan golnya ke gawang PSIS S. Nurhadi P. (Foto/Persib)
Tyronne Del Pino (kiri) merayakan golnya ke gawang PSIS S. Nurhadi P. (Foto/Persib)

BeritaNasional.com - Pelatih Persib Bojan Hodak belum puas atas penampilan anak asuhnya meski meraih kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang pada pertandingan pekan kelima Liga 1 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (15/92024).

Persib unggul lebih dulu melalui gol Tyronne del Pino pada menit 17. Namun, PSIS sempat menyamakan kedudukan melalui gol Riyan Ardiansyah menit 36. Pangeran Biru kembali unggul berkat gol Gustavo Franca pada menit 40 dan berhasil mempertahankannya hingga pertandingan berakhir.

"Pertandingan yang sulit. PSIS bekerja keras di pertandingan ini dan main dengan organisasi yang baik. Kami bermain baik di babak pertama, kecuali satu kesalahan. Di babak kedua, kami menunggu dan pertandingan pun berakhir," kata Hodak kepada media setelah laga.

Hodak mengaku senang dengan penampilan para pemain  belakang dan tengah, termasuk Mateo Kocijan. Namun, ia meyakini, tim masih bisa berkembang di pertandingan selanjutnya.

"Kami membuat dua gol, tidak penting siapa yang membuatnya. Para pemain bertahan tampil baik begitu juga para pemain tengah. Hal bagus dilakukan oleh Mateo yang beradaptasi, berjuang dan perlahan bermain lebih baik," terangnya.

Tyronne Del Pino menjadi aktor keunggulan Persib di babak pertama ini dengan mencetak gol pada menit 17 dan juga assist untuk gol Gustavo de Franca pada menit ke-40. Sementara gol balasan PSIS dicetak oleh Rian Ardiansyah pada menit ke-27.

Memasuki babak kedua, pelatih Bojan Hodak melakukan rotasi dengan menarik keluar Marc Klok dan memasukkan Rachmat Irianto.  Dengan tenaga segar ini PERSIB tetap gencar menyerang untuk memburu gol tambahan. 

Peluang datang pada menit ke-60 melalui tendangan bebas Ciro Alves yang masih tepat mengarah penjaga gawang Semarang.

Lima menit kemudian, Ciro yang menusuk ke kotak penalti terjatuh. Namun wasit tak meniup peluit dan tak ada panggilan VAR. Posisi Ciro dianggap terlebih dulu terperangkap offside.

Pergantian kembali dilakukan Bojan dengan memasukkan Ryan Kurnia, Dedi Kusnandar hingga Beckham Putra untuk menggantikan Tyronne, Adam Alis dan Matteo Kocijan. PERSIB lebih gencar menyerang dan memaksa PSIS melakukan beberapa pelanggaran.

Di pengujung waktu normal, Persib unggul dalam jumlah pemain karena pemain PSIS, Fernando Jose Jr dikartu merah. Namun dari injury time 8 menit yang diberikan tak ada lagi gol tercipta. 

Persib pun sukses memetik tiga angka dan merangsek ke empat besar klasemen sementara dengan raihan 9 angka.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: