Volume Kendaraan Tinggi, Polisi Minta Pengendara Hindari Jalur Puncak Bogor Hari Ini

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 16 September 2024 | 06:46 WIB
Situasi arus lalu lintas di kawasan Puncal. (BeritaNasional/Elvis).
Situasi arus lalu lintas di kawasan Puncal. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Satlantas Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, mengimbau kepada pengendara tujuan Jabodetabek dari arah Cianjur untuk dapat menghindari jalur puncak pada hari ini, Senin (16/9/2024). Hal ini menyusul kemacetan yang terjadi di sana pada Minggu (15/9/2024).

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana, memprediksi volume kendaraan akan terus meningkat hingga Senin petang pasca libur panjang Maulid Nabi. Mengingat para wisatawan atau pendatang akan kembali ke daerah asalnya masing-masih setelah menghabiskan liburan.

"Kami akan mengarahkan pengendara ke jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi guna menghindari macet total di jalur Puncak saat libur panjang usai pada Senin, diprediksi kepadatan arus akan terjadi sejak pagi hingga Senin malam," kata Anjar dikutip dari Antaranews, Senin (16/9/2024).

Dia menjelaskan volume kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak-Cianjur cukup tinggi sejak Sabtu (14/9/2024) pagi dengan tujuan objek wisata dan hotel yang banyak terdapat di sepanjang jalur Puncak hingga Cipanas.

Bahkan, kata dia, sejak Minggu pagi arus lalu lintas di kawasan Puncak sudah mengalami antrean kendaraan dari kedua arah yang didominasi kendaraan bernopol Jabodetabek. Lalu hingga Minggu siang tingginya volume kendaraan yang melintas menyebabkan antrean panjang di titik rawan macet seperti pertigaan Hanjawar dan Cibodas.

"Tingginya volume kendaraan terlihat di halaman parkir hotel dan restoran di sepanjang jalur Puncak hingga Cipanas yang cukup padat bahkan penuh, dan diprediksi pendatang akan pulang pada Senin saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW," katanya.

Rekayasa Lalu Lintas

Maka dari itu, pihaknya memprediksi volume kendaraan yang melintas di jalur Puncak akan mengalami peningkatan cukup tinggi pada hari Senin ini. Dengan demikian, sejumlah rekayasa arus akan diberlakukan mulai dari penyekatan hingga penutupan arus serta sistem satu arah.

Saat ekor antrean lebih dari lima kilometer terus memanjang, menurut dia, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Polres Bogor guna melakukan sistem buka tutup satu arah, bahkan penutupan jalur dari Cianjur menuju Puncak akan diberlakukan mulai dari Tugu Lampu Gentur, By Pass-Cianjur.

"Sifatnya situasional ketika antrean terus memanjang, penutupan arus akan dilakukan sehingga pengendara dengan tujuan Jabodetabek dari Cianjur diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi," katanya.

Pihaknya mengimbau pengendara mematuhi anjuran petugas agar terhindar dari macet, tidak memaksakan diri melintas di jalur Puncak saat puncak arus balik libur panjang akhir pekan kali ini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: