Polri Tegaskan Siap Amankan Pilkada Serentak 2024 Sesuai SOP

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 16 September 2024 | 09:31 WIB
Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Chaniago. (Foto/Humas Polri).
Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Chaniago. (Foto/Humas Polri).

BeritaNasional.com - Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Chaniago, memastikan bilamana jajaran Polri siap mengamankan perhelatan Pilkada Serentak 2024 di setiap daerah. 

Bahkan, kata dia, setiap Polda sudah mempunyai standar operasional prosedur dalam setiap ancaman pada Pilkada 2024.

“Tentang pengamanan pilkada, pengamanan pilkada ini semuanya dilaksanakan oleh daerah, oleh Polda setempat, tentunya sudah ada SOP dalam proses-proses pengamanan. SOP dalam bentuk pengamanan yang kita ketahui bersama bahwa ke depannya kita ada beberapa tahap lagi,” ujar Erdi kepada wartawan dikutip Senin (16/9/2024).

Erdi berujar bilamana tahapan yang akan dikawal oleh Polri tersebut mulai dari penetapan pasangan calon, kampanye, pemungutan suara hingga rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Selain itu, sambung dia, setiap Polda juga telah melakukan pemetaan kerawanan sesuai dengan karakteristik wilayahnya masing-masing daerah. 

Oleh karenanya, Erdi menuturkan jumlah personel pengamanan pun disesuaikan berdasarkan kebutuhan tiap daerah.

“Nah ini semua sudah dilaksanakan berdasarkan pengamanan terkait karakteristik daerah masing-masing, dari istilahnya perkiraan intelijen, kita bisa melihat bagaimana kebutuhan pengamanannya itu sudah ada di Polda,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: