7 Makanan Alami Ini Bisa Bikin Kulit dan Rambut Selalu Sehat, Silakan Dicoba

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 17 September 2024 | 03:00 WIB
Kacang tanah kaya akan biotin. (Foto/Freepik)
Kacang tanah kaya akan biotin. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Ada beberapa makanan alami yang bisa membuat kulit dan rambut sehat sepanjang hari.

Makanan alami yang dimaksud ini mengandung kaya biotin. Biotin yang dikenal sebagai vitamin B7 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku karena perannya dalam sintesis asam lemak yang penting untuk kesehatan sel-sel kulit. 

Biotin juga membantu memproduksi keratin dan protein yang membentuk struktur rambut dan kuku. 

Biotin sangat penting untuk beberapa aktivitas metabolisme dalam tubuh. Ini memetabolisme lemak, karbohidrat dan protein, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Karger Dermatology Journal .

Beberapa manfaat makanan kaya biotin adalah menyehatkan rambut dan kulit, dapat meningkatkan metabolisme, mendukung fungsi sistem saraf, membantu mengatur gula darah, dan kesehatan ibu hamil

Kali ini, kami membahas 7 makanan kaya biotin bagi kesehatan kulit dan keindahan rambut yang dilansir dari lama Healthshots.com.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan yang kaya biotin antara lain kenari, kacang tanah, almond, biji bunga matahari, dan biji rami. Makanan ini tidak hanya merupakan camilan cepat saji dan mengenyangkan, tetapi juga memberikan nutrisi penting untuk kulit dan rambut Anda.

2. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid. Mereka adalah salah satu sumber biotin nabati terbesar. Ubi jalar bisa dimasak hingga empuk di atas kompor atau dipanggang. Mereka bisa dibuat menjadi kentang goreng atau kentang tumbuk dengan cara dikupas, direbus, dan dihaluskan.

3. Telur

Telur adalah sumber protein, zat besi, fosfor, dan vitamin B. Kuning telur mengandung biotin konsentrasi tinggi. Telur harus selalu direbus sepenuhnya untuk mengurangi bahaya kontaminasi salmonella dan meningkatkan penyerapan biotin. Putih telur mengandung protein yang disebut avidin, yang dapat menghambat penyerapan vitamin biotin jika dimakan mentah.

4. Ikan salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber kaya asam lemak omega-3, yang terkenal dengan kemampuannya mengurangi peradangan dalam tubuh. Salmon yang dimasak juga menyediakan 5 mikrogram biotin per 3 ons (kurang dari 1 kg) porsi, menjadikannya sumber vitamin B yang sangat baik. Karena mengandung lipid yang sehat, salmon adalah makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

5. Jamur

Jamur mengandung mineral seperti selenium dan magnesium, selain antioksidan. Ditambah lagi, 5,6 mikrogram biotin hadir di setiap cangkir jamur kancing segar. Cobalah memasukkan jamur ke dalam salad, tumisan, sandwich, dan sup kental.

6. Avokad

Buah berwarna hijau krem ​​​​ini mengandung banyak biotin. Alpukat bersifat fleksibel dan dapat ditambahkan ke salad, dan sandwich, atau dimakan sebagai guacamole. Mereka bermanfaat untuk kulit dan rambut Anda selain untuk selera Anda.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang tinggi protein, serat, dan mineral termasuk kacang polong, buncis, dan lentil. Kacang tanah dan kedelai adalah dua sumber biotin tertinggi dalam kategori ini. Kacang-kacangan biasanya dimasak dan kemudian ditambahkan ke masakan panggang atau tumis, atau bisa juga menjadi bahan dasar salad, makanan, dan kari.

Berapa banyak biotin yang kita butuhkan?

“Untuk orang dewasa, kebutuhan biotin adalah 30-100 mg/hari, dan untuk anak di bawah 10 tahun adalah 30mg/hari,” kata sang ahli. Meskipun makanan kaya biotin umumnya aman, tidak ada efek samping biotin yang terbukti . Namun sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Mungkin yang terbaik adalah berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum Anda secara sadar meningkatkan asupannya melalui makanan atau suplemen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: