Putin Tambahkan Personel Angkatan Darat Rusia, Kedua Terbesar Setelah China

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 19 September 2024 | 00:45 WIB
Putin meningkatkan jumlah personel angkatan darat (Foto/X Presiden of Russia)
Putin meningkatkan jumlah personel angkatan darat (Foto/X Presiden of Russia)

BeritaNasional.com - Presiden Vladimir Putin berambisi menjadikan Angkatan Darat Rusia terbesar kedua di dunia, setelah China. Ia memerintahkan penambahan 180.000 personel reguler Angkatan Darat Rusia, sehingga jumlahnya mencapai 1,5 juta. 

Lewat langkah tersebut, tentara Rusia menjadi tentara dengan personel terbesar kedua di dunia.

Putin menuangkan perintah tersebut dalam sebuah dekrit yang dipublikasikan di situs web Kremlin. Ia memerintahkan agar total angkatan bersenjata ditingkatkan menjadi 2,38 juta orang, dengan 1,5 juta di antaranya harus merupakan personel aktif.

Menurut data dari Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS), peningkatan itu akan menjadikan jumlah prajurit tempur aktif Rusia melampaui Amerika Serikat dan India. Hal itu akan menjadikan Rusia berada di peringkat kedua setelah China dalam jumlah personel. 

IISS mencatat bahwa Beijing memiliki lebih dari 2 juta personel dinas aktif.

Langkah itu, yang merupakan penambahan pasukan angkatan darat ketiga kalinya sejak Putin mengirim militernya ke Ukraina pada Februari 2022, diambil saat pasukan Rusia berhasil merangsek ke wilayah Ukraina timur sepanjang 1.000 km. Selain itu, Rusia juga tengah berupaya mengusir pasukan Ukraina dari wilayah Kursk.

Dikutip dari VOA, kedua belah pihak mengatakan jumlah pasti kerugian mereka adalah rahasia militer.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: