Menlu: Indonesia House Amsterdam Harus Mewakili Wajah Indonesia yang Modern dan Terbaik

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 19 September 2024 | 05:00 WIB
Menlu berharap Indonesia House Amsterdam wakili wajah Indonesia (Foto/Kemenlu)
Menlu berharap Indonesia House Amsterdam wakili wajah Indonesia (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda, Mayerfas meresmikan Indonesia House Amsterdam. Dulu bangunan itu difungsikan sebagai Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) sejak 1967. Kemudian bangunan itu kosong hampir lima dekade pasca ditutup pada 1976.

Duta Besar Mayerfas diberi misi renovasi bangunan tersebut setelah Pemerintah Indonesia pada 2020 memutuskan untuk kembali memanfaatkan bangunan tersebut.

Inisiasi renovasi sempat terkendala Covid-19. Namun akhirnya dapat dilaksanakan mulai Juli 2021 dan selesai pada akhir tahun 2022. Bangunan mulai beroperasi pada awal tahun 2023.

Retno memberikan nama Indonesia House Amsterdam (IHA). “Indonesia House Amsterdam harus benar-benar mewakili wajah Indonesia yang modern dan terbaik. Jangan ecek-ecek."

Retno menegaskan, gedung itu akan menjadi pusat promosi ekonomi dan budaya Indonesia di Belanda. Pada batu prasasti marmer warna biru, Retno menulis, "Rumah ini adalah 'jembatan' yang menghubungkan Indonesia, Belanda, dan Eropa."

Mayerfas menjelaskan, IHA dengan luas total lebih dari 1.400 m2 merupakan pusat promosi Indonesia di luar negeri yang terbesar dan terlengkap. Setiap lantainya diperuntukkan sebagai tempat promosi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dan mempererat hubungan kedua negara. 

“Empat tahun lalu, gedung ini hanya berupa tumpukan batu bata tua yang sudah usang dan terbengkalai. Sekarang kita dapat melihatnya kembali hidup dan memiliki masa depan yang menjanjikan dan berkembang pesat," ujar Mayerfas.

Direktur Jenderal Kebudayaan dan Media Belanda, Barbera Wolfensberger juga memuji peresmian IHA. "Kami menantikan berbagai acara mendatang di rumah tersebut."

Sejak 2023, IHA telah menyelenggarakan berbagai acara, seperti Forum Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi (TTI), Dialog Start-up Indonesia-Belanda, Pameran Ulos Batak, Peragaan Busana Batik Berkelanjutan, dan masih banyak lagi. 

Dalam beberapa bulan mendatang, IHA juga akan dengan bangga mempersembahkan beberapa acara promosi, diantaranya Indonesia Spice Week Amsterdam dan The First Indonesia Medical Wellness Tourism Expo.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: