Pembangkit Listrik Apung untuk Indonesia Timur Siap Dioperasikan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 19 September 2024 | 04:30 WIB
Pembangkit Listrik Apung siap dioperasikan (Foto/Linkedin)
Pembangkit Listrik Apung siap dioperasikan (Foto/Linkedin)

BeritaNasional.com - PT PAL Indonesia sudah menyelesaikan pembuatan pembangkit listrik apung Barge Mounted Power Plant (BMPP) berkapasitas 60 Megawatt (MW) kedua. Pembangkit listrik apung ini sudah siap beroperasi.

“BMPP yang dipesan oleh Indonesia Power ini akan menjadi solusi utama dalam pemenuhan kebutuhan listrik di wilayah Indonesia Timur,” kata CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, BMPP merupakan salah satu varian produk General Engineering PT PAL Indonesia yang difokuskan pada sektor elektrifikasi.

Teknologi ini, kata dia, dirancang untuk menyediakan solusi pembangkit listrik yang fleksibel dan efisien. Utamanya bagi daerah-daerah yang belum teraliri listrik atau aksesnya terbatas terhadap jaringan listrik konvensional.

Kaharuddin mengatakan, BMPP 60 MW kedua ini merupakan wujud pengembangan teknologi yang dilakukan oleh tim PT PAL Indonesia dan sister produk dari BMPP sebelumnya. Ini hadir untuk menghasilkan produk yang efisien dan ramah lingkungan.

“Kami juga telah melaksanakan first engine smoke test sebagai tahapan uji coba awal pengoperasian mesin BMPP,” katanya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: