Surya Paloh Tak Incar Kursi Menteri di Kabinet Prabowo, Ini Penyebabnya

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 19 September 2024 | 16:10 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengaku sudah meminta Presiden terpilih Prabowo Subianto agar tak memprioritaskan partainya masuk dalam kabinet baru. Surya Paloh mendorong agar partai-partai lain diprioritaskan masuk ke dalam jajaran kabinet.

“Saya mengutarakan kepada Pak Prabowo, NasDem memberikan kesempatan kepada kebijakan beliau untuk memprioritaskan seluruh partai-partai politik di luar Partai Nasdem masuk di kabinet,” ujar Paloh di nasDem Tower, Kamis (19/9/2024).

Surya Paloh ingin memberi kesempatan kepada Prabowo untuk memprioritaskan partai lain yang memberi sumbangsih lebih besar atas kemenangannya di Pilpres 2024. Apalagi, pada Pilpres 2024 lalu, NasDem memiliki pandangan politik yang berbeda dengan Prabowo.

“Karena kita tau, secara etik kita bukan yang memperjuangkan sejak awal pada pilpres untuk mendukung Pak Prabowo,” tuturnya.

Namun demikian, ia merasa terhormat apabila bisa menyumbang kadernya menjadi Menteri di Kabinet Prabowo. Tapi, secara tegas alangkah baiknya Prabowo mengutamakan partai yang sudah jalan bersama.

“Apapun itu nomenklaturnya termasuk kabinet, tapi tidak kalah terhormat untuk memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita, partai- partai politik lainnya?” kata dia.

“Jadi, kalau bisa mempertimbangkan NasDem itu paling ujung aja, paling belakang aja. Bukan nomor satu,” ucapnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: