Ridwan Kamil-Suswono Bertemu SBY, Diberi Nasihat Tentang Kepemimpinan

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 19 September 2024 | 15:05 WIB
Ridwan Kamil-Suswono saat bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto/tim RK-Suswono).
Ridwan Kamil-Suswono saat bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto/tim RK-Suswono).

BeritaNasional.com - Bakal Pasangan Calon Pilgub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono menyambangi kediaman Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (19/9/2024) pagi.

Keduanya pun tiba di Cikeas sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka langsung disambut hangat oleh SBY dan dilanjutkan dengan dialog bersama.

Setelah pertemuan itu, RK mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan hal yang penting. Sebab, mereka mendengar secara langsung pandangan dari SBY tentang Jakarta. 

”Kami diberi nasihat tentang kepemimpinan, diberi nasihat agar pemimpin selalu diberi kesabaran, diberi amanah mengurusi mayoritas masyarakat paling bawah,” kata RK.

Menurut RK, SBY punya perhatian lebih terhadap persoalan klasik di Jakarta. Salah satunya adalah mengatasi kekumuhan. SBY pun berpesan agar mereka memprioritaskan penghijauan Jakarta. Bahkan, SBY menyampaikan keinginannya untuk membuka workshop melukis untuk anak-anak Jakarta. 

Lebih lanjut, Presiden keenam Indonesia tersebut berjanji akan terus berinteraksi dengan Ridwan Kamil dan Suswono untuk memberi sumbangsih kepada masyarakat Jakarta.

”Pak SBY berjanji kalau nanti kami terpilih, ingin terus berinteraksi dengan kami. Misalkan bikin workshop melukis untuk anak-anak Jakarta. Hal-hal kecil beliau ternyata antusias dan senang,” ucap RK. 

Tak hanya itu, SBY pun mengaku senang dan bahagia karena bisa kembali bertemu dengan Suswono. Menurut SBY, Suswono merupakan salah seorang menteri yang awet dan setia membantu SBY. 

“Beliau senang ketemu Pak Suswono karena lima tahun mendampingi Pak SBY di bidang pertanian,” ungkap RK. 

Tak hanya Suswono, SBY juga mengapresiasi kiprah dan pengalaman Ridwan Kamil selama bertugas sebagai wali kota Bandung dan gubernur Jawa Barat. 

RK pun secara pribadi sangat senang dan gembira bertemu dengan SBY. Sebab, SBY juga memberi perhatian lebih kepada keluarganya. 

”Perasaan saya campur-campur. Gembira, betul. Ada terharu, karena beliau mendoakan almarhum anak saya Eril. Bahkan Beliau membacakan puisi tentang teratai karena Eril kan dijadikan nama teratai di Tiongkok,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: