ASEAN, PIF, dan IORA Tingkatkan Kerja Sama Regional

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 20 September 2024 | 21:00 WIB
ASEAN, PIF, dan IORA tingkatkan kerja sama regional (Foto/Kemenlu)
ASEAN, PIF, dan IORA tingkatkan kerja sama regional (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Forum dialog ASEAN-IORA dan ASEAN-PIF dengan tema Implementing Collective Commitment to Establish Cooperation berlangsung di ASEAN Headquarters, Jakarta.

Forum ini bertujuan untuk menjajaki dan memajukan proyek konkret sesuai dengan sektor kerja sama yang tercantum dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara ASEAN dengan Indian Ocean Rim Association (IORA) dan ASEAN dengan Pacific Islands Forum (PIF), yang telah ditandatangani di Jakarta pada 4 September 2023.

Melalui MoU tersebut, ASEAN, IORA, dan PIF berkomitmen untuk mempromosikan kerja sama di beberapa bidang utama, termasuk kerja sama maritim, konektivitas, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, ekonomi biru, people-to-people exchanges, pengurangan risiko bencana dan bantuan kemanusiaan, serta ekonomi digital dan hijau.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN di Kementerian Luar Negeri Indonesia Sidharto Reza Suryodipuro mengatakan, penandatanganan MoU tahun lalu telah memberikan fondasi yang kuat bagi ASEAN, PIF, dan IORA untuk memajukan kerja sama regional. Mengingat wilayah-wilayah ini terhubung secara geografis dan menghadapi tantangan serupa, kerja sama dalam inisiatif ekonomi maritim dan biru menjadi semakin penting. 

Sidharto juga menyoroti perlunya fokus pada ekonomi digital dan hijau, pembangunan berkelanjutan, serta penciptaan lapangan kerja di tengah perubahan geopolitik yang cepat dan perubahan ekonomi global. 

"Penguatan people-to-people exchanges,sama pentingnya untuk memperdalam ikatan antar-komunitas dan memberikan dampak jangka panjang pada kehidupan sehari-hari masyarakat," ujarnya.

"Terdiri dari 47 negara dan sekitar 4 miliar penduduk, kawasan ini memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Dengan memprioritaskan pembangunan, pertumbuhan ekonomi, dan solidaritas di antara negara-negara berkembang di Indo-Pasifik, kita dapat menempatkan diri untuk mencapai kemajuan nyata dalam lingkungan global yang semakin kompleks," tambah Sidharto.

Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Urusan Komunitas dan Korporasi Nararya Soeprapto menekankan pentingnya dialog ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara ASEAN-PIF dan ASEAN-IORA. 

Dia mengatakan, Sekretariat ASEAN siap mendukung upaya menerjemahkan MoU tersebut menjadi proyek-proyek yang praktis, layak, dan nyata yang memberikan bermanfaat bagi masyarakat di kawasan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: