BMKG Ungkap Pemicu Gempa yang Merusak di Bandung dan Garut

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 22 September 2024 | 11:00 WIB
Lokasi terdampak gempang Bandung. (Foto/BNPB)
Lokasi terdampak gempang Bandung. (Foto/BNPB)

BeritaNasional.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap  penyebab gempa bumi yang meluluhlantakkan sebagian wilayah Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Kepala Pusat Gempa Bumi BMKG Daryono menjelaskan aktivitas Sesar Garut Selatan (Garsela) menjadi pemicu gempa di Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

“Gempa Kabupaten Bandung dan Garut 5,0 magnitudo tak terbantahkan lagi dipicu aktivitas Sesar Garsela,” katanya yang dikutip dari Antaranews pada Sabtu (21/9/2024).

Pihaknya telah menganalisis ulang dengan menggunakan data gempa susulan yang lebih banyak, dilakukan relokasi hiposenter dan analisis.

"Mekanisme sumber gempa ini memiliki orientasi sesar yang berarah timur laut-barat daya, sesuai dengan jalur Sesar Garsela," ujarnya.

Menurut BMKG, gempa 5,0 magnitudo yang mengakibatkan ratusan rumah rusak dan puluhan orang luka-luka, pada Rabu (18/9) itu tercatat sebagai gempa terbesar saat ini yang dipicu aktivitas Sesar Garsela.

Gempa tersebut dikategorikan sebagai gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) dengan mekanisme sumber sesar geser mengiri (sinistral strike-slip).

Sesar ini memicu gempa bermagnitudo 4,2 pada 6 November 2016 dan gempa bermagnitudo 3,9 pada 18 Juli 2017. 

Kedua gempa itu menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan di Pangalengan dan Kamojang.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: