Pembebasan Pilot Susi Air Berjalan Baik, Jokowi Apresiasi Langkah TNI-Polri

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 22 September 2024 | 08:30 WIB
Presiden Jokowi saat menghadiri kegiatan HIPMI beberapa waktu lalu. Jokowi mengapresiasi langka TNI-Polri atas pembebasan pilot Susi Air. (BeritaNasional/Elvis)
Presiden Jokowi saat menghadiri kegiatan HIPMI beberapa waktu lalu. Jokowi mengapresiasi langka TNI-Polri atas pembebasan pilot Susi Air. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi langkah TNI-Polri yang berhasil membebaskan pilot Susi Air bernama Kapten Philip Mark Mehrtens. 

Hal itu diungkapkan Jokowi  saat menanggapi pertanyaan media di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu (21/92024)

“Ini proses negosiasi yang sangat panjang dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif sehingga yang kita prioritaskan adalah keselamatan pilot yang disandera. Proses panjang yang telah dilakukan TNI dan Polri saya kira sangat bagus. Saya sangat mengapresiasi,” ucapnya dalam keterangannya pada Sabtu.

Jokowi mengatakan Mehrtens dibawa dari Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, menuju ke rumah sakit untuk dicek kesehatannya sebelum diterbangkan kembali ke negara asalnya.

“Dibawa dari Yuguru ke rumah sakit terlebih dahulu untuk dicek kesehatannya sehingga setelah itu diterbangkan,” ucapnya.

Jokowi juga meminta pembangunan infrastruktur maupun pengiriman logistik di Papua tetap didampingi aparat TNI-Polri untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa.

“Dalam membangun infrastruktur jalan, membangun jembatan, atau pilot yang membawa logistik sampai ke Nduga, sampai ke Wamena, sampai ke Puncak, semuanya harus ada dikawal oleh TNI maupun Polri untuk keamanannya,” tandasnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: