Tips Berkendara Sepeda Motor saat Musim Hujan

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 24 September 2024 | 11:00 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Foto/freepik).
Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Memasuki musim hujan kerap kali menjadi kesulitan tersendiri bagi pengendara sepeda motor. Jalanan menjadi basah dan jarak pandang terbatas menjadi salah satu faktor membuat kecelakaan bagi pengendara.

1. Periksa Kondisi Motor

Sebelum berkendara, selalu periksa kondisi motor, terutama komponen-komponen yang berperan penting dalam keamanan di jalan yang basah. Semisalnya tekanan kondisi ban, lalu pengereman dan fungsi dari lampu yang ada di motor. 

2. Berkendara tidak dengan kecepatan tinggi

Saat cuaca hujan, alangkah baiknya pengendara tidak dalam kecepatan tinggi. Berkendara terlalu cepat di jalan yang licin meningkatkan risiko tergelincir. Kurangi kecepatan dan sesuaikan dengan kondisi lalu lintas serta permukaan jalan.

Namun jangan lupa juga menjaga jarak aman saat hujan agar pengereman lebih sempurna. Selain itu, pengendara untuk bisa menghindari gerakan mendadak yang dapat membuat motor menjadi kehilangan keseimbangan.

3. Kenakan Perlengkapan

Saat hujan, perlengkapan berkendara yang tepat tidak hanya meningkatkan kenyamanan. Akan tetapi juga berperan penting dalam keselamatan. Memilih perlengkapan yang sesuai akan melindungi Anda dari basah kuyup serta memberikan visibilitas yang lebih baik di jalan.

4. Hindari Jalan yang Licin dan Berbahaya

Permukaan ruas jalan saat hujan bisa menjadi sangat berbahaya. Karena area seperti marka jalan, jembatan besi, atau jalanan yang berlumpur bisa menjadi sangat licin, meningkatkan risiko kecelakaan.

Untuk itulah, pengendara harus mewaspadai genangan air, dan menghindari marka jalan hingga rel kereta api yang saat hujan menjadi licin dan basah.

5. Gunakan Teknik Pengereman yang Tepat

Pengereman yang tepat adalah kunci keselamatan di jalan basah. Salah satu teknik yang perlu dikuasai adalah pengereman secara perlahan dan bertahap, bukan pengereman mendadak. Gunakan Rem Depan dan Belakang lali Antisipasi Pengereman Dini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: