3 Paslon di Pilgub Jatim Deklarasikan Kampanye Damai: Jaga Kejujuran dan Integritas

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 24 September 2024 | 18:02 WIB
Tiga Paslon di Pilgub Jawa Timur saat deklarasi pemilu damai. (Foto/tangkapan layat YouTube KPU)
Tiga Paslon di Pilgub Jawa Timur saat deklarasi pemilu damai. (Foto/tangkapan layat YouTube KPU)

BeritaNasional.com - Tiga pasangan calon gubernur Jawa Timur 2024 menghadiri Deklarasi Kampanye dan Pilkada Damai di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, ketiga paslon menorehkan tinta di papan Buktikan Tintamu Padaku sebagai simbol partisipasi demokrasi di Jawa Timur.

Selain itu, ketiganya diberi kesempatan untuk berpidato dalam deklarasi pilkada damai.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim bertekad menjalani masa kampanye ini dengan sukacita dan damai. 

‘’Kami punya tekad dan cita-cita yang sama agar Pilkada 2024 di Jawa Timur dapat dilangsungkan dengan penuh sukacita dan damai,’’ ucapnya saat berpidato di panggung deklarasi yang dipantau dari laman YouTube KPU Jatim pada Selasa (24/9/2024).

Luluk juga meminta seluruh paslon untuk mewujudkan kampanye Pilgub Jawa Timur dengan penuh kejujuran dan kedamaian. 

‘’Oleh karena itu, Pilgub Jawa Timur 2024 harus dilangsungkan dengan penuh kejujuran dan keadilan. Dengan begitu, kedamaian dan senang bersama dapat kita wujudkan,’’ katanya.

Dengan begitu, lanjut Luluk, pesta demokrasi di Jawa Timur tahun dapat berlangsung dengan baik dan berkualitas.

‘’Komitmen ini sekaligus membuktikan bahwa dekorasi di Jatim berlangsung dengan baik, matang, dan berkualitas. Demokrasi di Jawa Timur bertujuan menyejahterakan memakmurkan dan membawa Provinsi Jatim ke level dunia,’’ katanya.

Sementara itu, paslon nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak juga berkomitmen menjaga kampanye ini dengan kesantunan, etika politik, serta menghindari ujaran kebencian dan hoaks.

‘’Untuk menjaga kesantunan berpolitik, tak cukup berdemokrasi, demokrasi diikuti dengan kesantunan, etika politik, hindari kemungkinan ucapan-ucapan yang tidak senonoh yang mengganggu sensitifitas, hoaks, ujaran kebencian dihindarkan,’’ kata Khofifah.

Sementara itu, paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta Gus Hans berjanji menyelenggarakan kampanye pemilu dengan kejujuran dan integritas yang tinggi.

‘’Hanya modal itulah akan lahir pemimpin Jawa Timur yang akan melanjutkan semua perjuangan para pendiri bangsa pahlawan dan saat ini kita di suatu tempat para pahlawan gugur,’’ ucapnya.

Diketahui, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November hingga 16 Desember 2024.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: