Sudah Banyak Korban, Kapolri Minta Korlantas Cari Akar Masalah Geng Motor

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 27 September 2024 | 07:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah). (BeritaNasional/Elvis).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah). (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) untuk menyelesaikan persoalan geng motor di tanah air. Ia bilang masalah geng motor ini menjadi tantangan yang serius.

Hal itu dikatakan Kapoilri memberikan arahan dalam peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 di Gedung Tribrata, Jakarta, Kamis (26/9/2024).

“Kalau kita lihat di TV, setiap hari kita lihat yang namanya geng motor itu masih selalu ada. Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah kita,” kata Sigit dikutip Jumat (27/9/2024).

Sigit mengungkapkan, di satu sisi, Polri telah melakukan langkah preemtif dan preventif untuk memberikan pemahaman budaya berkendara, mulai dari membuat modul pelajaran bagi anak-anak hingga mengangkat polisi cilik untuk memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah. 

Akan tetapi, kata Sigit, fenomena geng motor tidak pernah berhenti.

“Di sisi lain, faktanya, banyak yang menjadi korban karena ini 

(geng motor), mulai dari masalah laka lantas itu sendiri sampai dengan tawurannya,” ucapnya.

Oleh karena itu, Sigit mengajak seluruh jajaran Korlantas untuk sama-sama mencari akar masalah geng motor yang kerap meresahkan masyarakat.

“Apakah sasaran dari yang selama ini kita sosialisasikan masih perlu diperluas? Ataukah memang perlu ada perlakuan khusus karena masalah yang satu ini tergantung masalah fenomena sosial yang mungkin disalahartikan oleh anak-anak tersebut,” tutur Sigit.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: