Surya Paloh: Saan Mustopa Jadi Pimpinan DPR dari Fraksi NasDem

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 01 Oktober 2024 | 14:26 WIB
Situasi ruang pelantikan anggota dewan. (BeritaNasional/Elvis).
Situasi ruang pelantikan anggota dewan. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan Waketum NasDem Saan Mustopa akan menjadi pimpinan DPR dari Fraksi NasDem. Fraksi NasDem sebagai partai kursi lima besar di DPR mendapatkan kursi pimpinan.

"Ya benar. Kita ucapkan selamat saja kepada kang Saan," kata Surya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Surya mengaku gembira ada 69 anggotanya dilantik sebagai anggota DPR periode 2024-2029 hari ini.

"Ini merupakan kegembiraan bagi kebanggaan keluarga besar partai NasDem ya. Sudah terlaksananya pelantikan pada hari ini," katanya.

Sementara itu, Anggota DPR Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkap, malam ini akan langsung diumumkan paket pimpinan DPR RI 2024-2029. Setelah mekanisme pemilihan pimpinan DPR dibahas dalam rapat Badan Musyawarah pukul 15.00 WIB.

"Tadi udah dibahas sudah disusun agendanya melalui sekretariat sudah diumumkan jadi insyaallah nanti malam sih mungkin kita sudah tahu siapa yang akan jadi pimpinan DPR," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Doli memastikan penentuan pimpinan menggunakan UU MD3 yang belum diubah. Tinggal musyawarah mufakat terkait komposisi pimpinan.

"Sudah dipastikan kita mengacu pada UU MD3 yang berlaku sekarang nah tinggal nanti komposisinya berdasarkan musyawarah mufakat antara fraksi-fraksi," kata Doli.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: