Malam Ini, Susunan Pimpinan DPR 2024-2029 Diumumkan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 01 Oktober 2024 | 14:45 WIB
Suasana Pelantikan anggota DPR RI. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Suasana Pelantikan anggota DPR RI. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Anggota DPR Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan paket pimpinan DPR RI 2024-2029 langsung diumumkan malam ini, Selasa (1/10/2024). Hal tersebut dilakukan setelah mekanisme pemilihan pimpinan DPR dibahas dalam rapat Badan Musyawarah pukul 15.00 WIB.

"Tadi sudah dibahas, sudah disusun agendanya melalui sekretariat, sudah diumumkan. Jadi, insyaallah nanti malam sih mungkin kami sudah tahu siapa yang jadi pimpinan DPR," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Doli memastikan penentuan pimpinan menggunakan UU MD3 yang belum diubah. Tinggal musyawarah mufakat terkait komposisi pimpinan.

"Sudah dipastikan kami mengacu pada UU MD3 yang berlaku sekarang nah tinggal nanti komposisinya berdasarkan musyawarah mufakat antara fraksi-fraksi," kata Doli.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah membocorkan susunan pimpinan DPR RI periode 2024-2029. Said telah mendengar nama-nama yang akan diusulkan oleh Gerindra, Golkar, PKB, dan NasDem.

Sementara itu, PDIP mengonfirmasi bahwa Puan Maharani akan menjadi ketua DPR untuk kali kedua.

"PDIP sesuai dengan UU MD3 insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan, Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Sementara itu, Said mengungkap bahwa Gerindra akan menunjuk Sufmi Dasco Ahmad lagi sebagai pimpinan DPR, sedangkan Golkar Adies Kadir, NasDem Saan Mustofa, dan PKB Faisol Reza.

"Sekelumit tentu dari Gerindra Pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustofa dan dari PKB mantan ketua komisi VI Adinda Reza," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: