Jokowi Terima Daftar Calon Pimpinan KPK, Pansel Siap Umumkan

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 01 Oktober 2024 | 17:17 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/sinarharapan.com/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/sinarharapan.com/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Presiden Joko Widodo telah menerima 10 nama capim dan cadewas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah lolos tes wawancara dan kesehatan dari pansel.

Menurut Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana, Jokowi menerima nama-nama tersebut hari ini, Selasa (1/10/2024), pukul 13.00 WIB.

"Bapak Presiden telah menerima Panitia Seleksi capim dan cadewas KPK di Ruang Holding, Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma," ujar Ari kepada wartawan.

Menurut Ari, Jokowi telah menyerahkan tanggung jawab mengumumkan nama-nama orang yang telah disaring tersebut kepada pansel.

"Terkait nama-nama capim dan cadewas KPK yang disampaikan pansel kepada presiden, akan diumumkan secara langsung oleh pansel dalam konferensi pers di Kemensetneg," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh bakal menyerahkan masing-masing 10 nama kepada Jokowi dan DPR usai melewati tes wawancara dan kesehatan.

"Rencana hari ini, masing-masing 10 (kandidat). (Kepada DPR) Ya, ke periode terbaru. Kan hari ini pelantikan DPR baru," ujar Ateh.

Saat ditanya terkait fit and proper test di DPR dan nama-nama kandidat yang bakal diserahkan kepada Jokowi, Ateh tak menjawab. Menurutnya, tugas pansel telah tuntas.

"Tugas kami sudah selesai hari ini. Itu bukan bagian kami lagi," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: