Iran Serang Israel, Luncurkan Ratusan Rudal Balistik

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 02 Oktober 2024 | 09:29 WIB
Ilustras Iran luncurkan rudal untuk menyerang Israel. (Foto/Pixabay).
Ilustras Iran luncurkan rudal untuk menyerang Israel. (Foto/Pixabay).

BeritaNasional.com - Iran meluncurkan ratusan rudal ke Israel pada Selasa (1/10/2024) waktu setempat. Bahkan, hal ini membuat alarm berbunyi di seluruh Israel dan ledakan dapat terdengar di Yerusalem dan Tel Aviv selama serangan Selasa malam.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan serangan rudal terhadap Israel merupakan respons atas pembunuhan kepala Hizbullah Hassan Nasrallah dan komandan IRGC Abbas Nilforoushan minggu lalu, serta pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh awal tahun ini, kantor berita Fars Iran melaporkan.

“Menanggapi tewasnya Ismail Haniyeh, Hassan Nasrallah, dan Nilforoushan, kami menargetkan jantung wilayah pendudukan,” kata IRGC dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari aljazeera, Rabu (2/10/2024).

Dikatakan bahwa serangan rudalnya menargetkan “tiga pangkalan militer” di wilayah Tel Aviv.

Sebelumnya, IRGC mengatakan pihaknya meluncurkan puluhan rudal ke Israel, dan jika Israel membalas, respons Teheran akan “lebih menghancurkan dan merusak”.

Televisi pemerintah Iran mengatakan 80 persen rudal yang diluncurkan ke Israel mengenai sasarannya.

Di sisi lain, Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan tidak ada laporan korban dan bahwa militer tidak melihat "ancaman lain di wilayah udara kami". Ia mengatakan dalam sebuah pesan video bahwa orang-orang di Israel aman untuk meninggalkan tempat perlindungan.

Layanan darurat Israel mengatakan sedikitnya dua orang mengalami luka ringan “akibat pecahan peluru di wilayah Tel Aviv”.

Kantor berita Palestina Wafa, mengutip pertahanan sipil, mengatakan seorang pria Palestina berusia 38 tahun tewas akibat luka pecahan peluru di Jericho di Tepi Barat yang diduduki timur.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: