Sultan Akan Temui Prabowo Usai Terpilih Jadi Ketua DPD

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 02 Oktober 2024 | 11:43 WIB
Sultan akan temui Prabowo (Beritanasional/Elvis)
Sultan akan temui Prabowo (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Sultan B Najamudin berencana akan bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Setelah terpilih sebagai Ketua DPD RI periode 2024-2029.

"Ya tentu (bertemu). Karena justru beliau (Prabowo) yang kemarin berkali-kali menyampaikan kita harus sering bertemu, kita harus sering berdiskusi," ujar Sultan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Sultan sudah beberapa kali bertemu dengan Prabowo. Karena, DPD juga perlu menjaga kekompakan dengan pihak pemerintah.

"Karena kita harus bersatu untuk kepentingan daerah, kepentingan bangsa, kita harus bersatu, kita harus kuat. Karena negara sebesar kita modal atau keunggulan kita itu di mana, di kemajemukan dan kekompakan kita," ujar senator asal Bengkulu ini.

Sultan berjanji tidak akan menjadikan DPD sebagai lembaga eksklusif. Ia akan membawa DPD menjadi lembaga yang kolaboratif.

"Kami akan membentuk bahwa DPD ini adalah lembaga kolaboratif dan intuitif. Jadi dia tidak eksklusif, dia tidak menjadi seakan akan lembaga yang kerjaannya hanya men-challange atau memprotes atau agak setuju dengan apa yang dilakukan oleh negara," ujar Sultan.

Sebelumnya, Sultan B Najamudin terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029. Sultan terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara pada Rabu (2/10/2024) dini hari.

Proses pemilihan ketua DPD RI yang dimulai sejak Selasa (1/10/2024) pukul 19.30 WIB berlangsung cukup alot.

Sebabnya ada dua paket pimpinan yang memperebutkan posisi pimpinan DPD. Yaitu kubu calon Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti berhadapan dengan kubu calon Ketua DPD RI Sultan B Najamudin.

Paket pimpinan La Nyalla sebagai calon ketua bersama Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muhammad Ihsan sebagai calon wakil ketua. 

Sementara paket pimpinan Sultan Najamudin sebagai calon ketua bersama GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung sebagai calon wakil ketua.

Hasil pemungutan suara, Sultan unggul dengan mengantongi 95 suara dari La Nyalla dengan memperoleh 56 suara.

Berdasarkan hasil voting tersebut, Sultan ditetapkan sebagai ketua DPD RI, bersama tiga wakil ketua yaitu, GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: