Pemerintah Evakuasi WNI dari Lebanon

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 02 Oktober 2024 | 23:30 WIB
Israel  gempur Lebanon selatan (Foto/NBC News)
Israel gempur Lebanon selatan (Foto/NBC News)

BeritaNasional.com - Kondisi Timur Tengah makin memanas karena Israel yang terus menyerang Gaza, kemudian kini perang meluas ke Lebanon. Israel menyerang Lebanon habis-habisan di bagian selatan Lebanon.

Selanjutnya, Iran menyerang Israel karena Israel menghabisi pemimpin Hizbullah di Lebanon. Menanggapi konflik Timur Tengah yang makin panas, Pemerintah RI memutuskan untuk mengevakuasi WNI yang berada di Lebanon.

Saat ini sedang berlangsung operasi evakuasi sebanyak 147 WNI dari Lebanon. Sebagian besar WNI ini adalah mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau berada di semester terakhir di berbagai universitas.

Dalam keterangan tertulisnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rolliansyah Soemirat mengatakan, “Keselamatan WNI merupakan perhatian utama pemerintah RI.” 

"Saat ini proses evakuasi sedang berlangsung. Hal terpenting WNI selamat," katanya dikutip dari VOA.

Demi keselamatan seluruh pihak yang terlibat dalam proses evakuasi ini, ia tidak berkenan memberikan keterangan lebih lanjut.

"Seluruh Kedutaan Besar RI di kawasan juga terus melakukan koordinasi dan terus melakukan komunikasi dengan seluruh WNI di wilayahnya masing-masing,” tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: