Pengelola Masjid Diminta Aktif Sadarkan Masyarakat untuk Ikut Atasi Perubahan Iklim

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 02 Oktober 2024 | 22:30 WIB
Perubahan iklim terasa di seluruh dunia  (Foto/Pixabay)
Perubahan iklim terasa di seluruh dunia (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan, para pengelola masjid di Indonesia harus berperan aktif dalam mengatasi tantangan perubahan iklim yang semakin terasa dampaknya kini.

"Fikih lingkungan bukan sesuatu yang baru, tetapi terasa belum begitu dinarasikan oleh para dai dan tokoh agama kita, bahkan termasuk kita sebagai pejabat," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin.

Kamaruddin mengatakan, komitmennya untuk mendukung inovasi masjid, tidak hanya mencakup aspek keagamaan. Namun masjid juga mengajak masyarakat agar sadar terhadap tantangan perubahan iklim.

Ia menekankan, masjid punya aset besar dan potensi strategis untuk membawa pesan-pesan agama ke masyarakat secara lebih luas.

"Melalui ISIM 2024 kita ingin agama dinarasikan secara baik dan benar serta berfungsi untuk memberikan pencerahan terkait moral dan akhlak, tapi bagaimana agama dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya dalam acara International Symposium on Innovative Masjid (ISIM) 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Meskipun masalah lingkungan menjadi perhatian global, menurut Kamaruddin, perhatian terhadap isu ini dalam konteks keagamaan masih belum dimanfaatkan secara optimal.

Ia berharap masjid dapat terus berinovasi dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan serta memperkuat kontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Masjid harus terus berinovasi dan ini telah kita mulai melalui ISIM dan AMPeRa. Jadi akan terus kita ikhtiarkan untuk didiseminasikan ke seluruh Indonesia," katanya dikutip dari Antara. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: