Permudah Masyarakat Akses Koleksi Seni, Pengelola TIM Luncurkan Platform e-Katalog

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 02:05 WIB
Peluncuran platform e-Katalog Seni di TIM. (Foto/Berita Jakarta)
Peluncuran platform e-Katalog Seni di TIM. (Foto/Berita Jakarta)

BeritaNasional.com - Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (UP PKJ TIM) meluncurkan platform e-Katalog Seni di TIM, Menteng, Jakarta Pusat.

Platform yang bisa diakses melalui alamat situs https://pkjtim.com/koleksi/index.php itu menjadi inovasi digital yang memungkinkan masyarakat luas mengakses koleksi seni bernilai tinggi dari para maestro Indonesia. 

Kepala UP PKJ TIM, Arif Rahman mengatakan, berbagai karya-karya intelektual dari seniman legendaris seperti Affandi, Popo Iskandar, Trisno Sumardjo, dan S. Sudjojono kini dapat dinikmati secara daring melalui platform ini.

Dengan koleksi awal 93 lukisan yang telah dipamerkan, e-Katalog Seni menawarkan akses yang mudah bagi publik untuk menjelajahi dan mengapresiasi keindahan serta keberagaman seni yang dimiliki UP PKJ TIM. 

“e-Katalog Seni adalah wujud komitmen kami untuk menjembatani seniman, kolektor, dan masyarakat umum. Sehingga seni jadi lebih inklusif dan dapat diakses kapan saja serta di mana saja,” katanya melalui rilis yang diterima Beritajakarta, Jumat (4/10).

Arif menerangkan, platform ini juga dirancang untuk mendorong apresiasi seni dari berbagai kalangan. Tidak hanya berfungsi sebagai media promosi karya seni, tetapi juga sebagai solusi bagi mereka yang membutuhkan referensi seni, pengetahuan, dan inspirasi.

e-Katalog Seni memiliki fitur unggulan seperti pencarian sesuai kategori, memudahkan pengguna untuk berdasarkan jenis, seniman, atau tema. Lalu terdapat galeri Virtual yang Interaktif sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman berkeliling galeri virtual seakan berada di ruang pameran nyata.

Selain itu, sambung Arif, platform ini juga memiliki fitur multi bahasa untuk memudahkan audiens global dari berbagai negara. Pembuatan e-Katalog Seni ini merupakan hasil kolaborasi antara UP PKJ TIM dengan Institut Kesenian Jakarta, Dewan Kesenian Jakarta, serta tujuh universitas di Jakarta, seperti Universitas Atma Jaya, London School of Public Relations, dan Trisakti School of Management. 

Kolaborasi ini menurutnya bertujuan memastikan platform e-Katalog Seni memiliki standar kualitas tinggi. Dnegan begitu, platform yang dibangun relevan dengan perkembangan dunia seni saat ini.

"Kami berharap platform ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengeksplorasi karya seni Indonesia yang berharga, serta meningkatkan apresiasi terhadap warisan budaya kita,” tegasnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: