HUT Ke-79 TNI, Ratusan Warga Nduga Gelar Ikrar Cinta NKRI

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 08:26 WIB
HUT TNI Ke-79, Ratusan Warga Nduga Gelar Ikrar Cinta NKRI. (Foto/Dok TNI).
HUT TNI Ke-79, Ratusan Warga Nduga Gelar Ikrar Cinta NKRI. (Foto/Dok TNI).

BeritaNasional.com - Ratusan warga Nduga, Provinsi Papua Pegunungan menggelar ikrar cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sikap ini dilakukan jelang HUT TNI ke-79 Balai Kesehatan Puskesmas Batas Batu.

Dipimpin oleh Kepala Suku Batas Batu, Daniel Minje bersama tiga Kepala Kampung Batas Batu serta 500 warga, ikrar ini diucapkan sebagai ajakan untuk seluruh masyarakat terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Hari ini, kita bukan hanya merayakan HUT TNI. Tetapi juga merayakan komitmen kita untuk bersatu dalam kebangsaan," ujar Daniel dalam keteranganya, Sabtu (5/10/2024).

Tidak hanya itu, Daniel menyebut Ikrar kebangsaan ‘Bersatu untuk Indonesia’ ini bisa untuk memperkuat rasa nasionalisme di tengah keberagaman di Papua

“Masyarakat Nduga menyatakan kecintaannya terhadap NKRI,” katanya.

Dansatgas Yonif PR 503/MK Habema Letkol Inf Gurbasa yang turut menghadiri acara ini merasa bangga atas partisipasi masyarakat Nduga dalam menyatakan ikrar kebangsaan tersebut.

"Ikrar ini menunjukkan bahwa TNI-Polri dan masyarakat Papua memiliki satu tujuan yang sama. Yaitu menciptakan keamanan, ketentraman, dan kesejahteraan bagi seluruh warga," ujar Gurbasa.

Melalui acara ini, Gurbasa berharap ikrar kebangsaan yang diucapkan dapat memperkuat sinergi antara TNI Polri dan masyarakat, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang mendalam. 

“Terutama di tengah tantangan yang dihadapi di era modern sekarang ini,” kata dia.

Dalam ikrar tersebut, masyarakat berjanji untuk mendukung TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta berkomitmen untuk bersama-sama membangun Papua menuju masa depan yang lebih baik.

Dalam kesempatan ini, Gurbasa bersama Anggota Satgas Elang dan Satgas Damai Cartenz juga turut menggelar bakti sosial pembagian sembako dalam rangka HUT TNI ke-79 kepada masyarakat.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: