Arus Lalin di Sekitaran Monas Macet Parah Sore Ini

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 16:55 WIB
Arus Lalu Lintas di sekitaran Monas. (Foto/istimewa).
Arus Lalu Lintas di sekitaran Monas. (Foto/istimewa).

BeritaNasional.com - Arus lalu lintas di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) mengalami kemacetan parah. Imbas masyarakat yang habis menyaksikan gelaran HUT ke-79 TNI, Sabtu (5/10/2024).

Berdasarkan pengamatan beritanasional.com, kepadatan kendaraan masyarakat sudah mulai terjadi sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Banyak akses jalan menuju pintu masuk Monas yang sudah dipadati kendaraan.

Seperti dari Menteng melalui jalan M.I Ridwan Rais menuju jalan Medan Merdeka Selatan. Termasuk jalan Medan Merdeka Barat ke arah jalan M.H Thamrin sampai jalan Jenderal Sudirman.

Kondisi pagi tidak beda jauh dengan siang ini, sekira pukul 15.15 WIB masih banyak ruas jalan yang sama mengalami kemacetan. Bahkan tidak jarang, sampai stuck akibat ruas jalan yang menyempit, akibat kendaraan parkir di pinggir jalan.

Selain parkir kendaraan yang membludak, arus lalu lalang masyarakat pejalanan kaki yang menyebrang tidak lewat jembatan penyeberangan orang (JPO) membuat laju kendaraan kerap berhenti sesaat.

Seperti halnya yang dirasakan Habibie (32) yang merasakan kemacetan terjadi tepat di daerah Kwitang arah Tugu Tani. Banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan, membuat penyempitan pada ruas jalan.

Karena kondisi ini, Habibie pun mengurungkan niatnya untuk mengajak anaknya menyaksikan gelaran HUT TNI yang berada di Lapangan Silang Monas.

“Tapi karena macet parah, jadinya anak gw gak jadi ke Monas ini, karena udah macet banget,” kata Habibie saat dihubungi.

“Gw gak sampe Tugu Tani, tapi Halte Busway Kwitang maju dikit langsung naik trotoar aja ikut lainnya, dan langsung puter arah ke Senin lagi,” tambahnya.

Sementara dari pantauan google maps, indikator jalan sekitar monas masih berwarna merah. Artinya di lokasi terjadi kemacetan, dan beberapa ruas jalan masih ditutup dengan tanda perboden.

Rekayasa Lalin

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Rekayasa tersebut dilakukan dalam rangka peringatan HUT 79 TNI, pada Sabtu (5/10/ 2024). 

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman rekayasa lalu lintas ini disiapkan menjadi dua bagian. Namun rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional melihat kondisi dan situasi di lapangan. 

"Rekayasa lalu lintas situasional. Jalan MH Thamrin yang menjadi lintasan Pawai Alutsista," ujarnya.

Latif mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Kemudian warga yang hendak ke lokasi diminta untuk menggunakan transportasi umum, dan warga yang tidak memiliki kepentingan untuk mencari jalan alternatif untuk menghindari kepadatan kendaraan.

"Diharapkan dengan adanya informasi ini, warga dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan menghindari kemungkinan terjebak dalam kemacetan lalu lintas," pintanya. 

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan di sekitar Monas adalah sebagai berikut;

1.Arus Lalu Lintas Dari Jl. Hayam Wuruk Yang Akan Ke Jl. Majapahit Dibelokan Kiri Ke Jl Juanda Dan Arus Lalu Lintas Dari Jl. Veteran Raya Yang Akan Belok Kiri Ke Jl. Majapahit Diluruskan Ke Jl. Suryo Pranoto Maupun Di Belokan Ke Kanan Jl. Gajah Mada; 

2.Arus Lalin Dr Jl Veteran Raya Yg Akan Menuju Jl Veteran Iii Diluruskan Ke Tl Harmoni; 

3.Arus Lalin Dr Jl Veteran Raya Yg Akan Menuju Jl Veteran Ii Diluruskan Ke Tl Harmoni; 

4.Arus Lalin Dr Jl Medan Merdeka Timur Yg Akan Menuju Jl Medan Merdeka Utara Dibelokan Ke Kanan Ke Jl Perwira; 

5.Arus Lalin Dr Jl. Taman Pejambon Yg Akan Menuju Jl. Pejambon Arah Medan Merdeka Utara Di Alihkan Ke Kiri Jl. Pejambon Arah Tugu Tani 

6.Arus Lalu Lintas Dari Jl. Mi Ridwan Rais Yang Akan Ke Jl. Medan Merdeka Timur Di Alihkan Ke Jl. Medan Merdeka Selatan. 

7.Arus Lalu Lintas Dari Jl. Abdul Muis Yang Akan Ke Jl. Budi Kemuliaan Diluruskan Ke Jl Fachrudin Dan Arus Lalu Lintas Dari Jl. Fachrudin Yang Akan Ke Jl. Budi Kemuliaan Diluruskan Ke Jl. Abdul Muis; 

Rekayasa Lalu Lintas Jl. Jend Sudirman – Jl Mh. Thamrin Selama Pawai Alutsista Hut Tni Ke 79 (Situasional)

1.Arus Lalin Dr Jl Medan Merdeka Selatan Menuju Jl. Mh Thamrin Di Alihkan Ke Jl. Agus Salim; 

2.Arus Lalin Dr Jl Sabang Menuju Ke Tanah Abang Dialihkan Ke Tugu Tani; 

3.Arus Lalin Dr Jl. Abdul Muis Menuju Jl. Kebon Sirih/Tugu Tani Dialihkan Ke Jl. Jl. Fachrudin; 

4.Arus Lalin Dr Jl. Agus Salim/Jl. Kh. Wahid Hasyim Menuju Jl. Mh. Thamrin Di Alihkan Ke Jl. Agus Salim; 

5.Arus Lalin Dr Jl. Fachrudin Menuju Jl. Kh Wahid Hasyim Di Alihkan Ke Jl. Kh. Mas Mansyur; 

6.Arus Lalin Dr Jl Imam Bonjol Menuju Ke Arah Bund. Hi Di Alihkan Ke Jl. Agus Salim Dan Arus Lalin Dr Jl. Agus Salim Menuju Jl. Jend. Sudirman Di Alihkan Ke Jl. Imam Bonjol; 

7.Arus Lalin Dr Tanah Abang Menuju Ke Bund. Hi Dialihkan Ke Jl. Kh. Mas Mansyur; 

8.Arus Lalin Dr Jl Galunggung Yg Menuju Ke Jl. Jend Sudirman Dialihkan Ke Jl. Karet Pasar Baru Timur Iii; 

9.Arus Lalin Dr Jl. Kh Mas Mansyur Menuju Jl. Jend Sudirman Diluruskan Ke Jl. Dr Satrio & Arus Lalin Dr Jl. Dr Satrio Menuju Jl. Jend Sudirman Diluruskan Ke Jl. Kh Mas Mansyur; 

10.Arus Lalin Dr Jl. Benhil Menuju Jl. Jend Sudirman Diputar Balikan Kembali Ke Jl. Benhil; 

11.Arus Lalin Dr Arah Barat Jl. Gatot Subroto Menuju Ke Jl. Jend Sudirman Diluruskan Arah Timur Jl. Gatot Subroto & Arus Lalin Dr Arah Timur Jl. Gatot Subroto Menuju Jl. Jend Sudirman Diluruskan Arah Barat Jl Gatot Subroto; 

12.Arus Lalin Dr Jl. Pintu 1 Senayan Menuju Ke Jl. Jend. Sudirman Diputar Balikan Ke Jl. Pintu 1 Senayan; 

13.Arus Ll Yg Dr Jl. Sisingamangaraja Menuju Jl. Jend Sudirman Dialihkan Ke Jl. Hang Lekir I; 

14.Arus Lalin Dr Jl. Asia Afrika Menuju Bund Senayan Diluruskan Ke Jl. Hanglekir I; 

15.Arus Lalin Dr Jl. Senopati Menuju Jl Jend Sudirman Diluruskan Ke Jl. Pattimura.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: