Jelang Debat Perdana, Ridwan Kamil: Persiapannya Mantap, Sudah Siap

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 06 Oktober 2024 | 18:27 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, mengaku sudah siap mengikuti debat perdana yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada Minggu (6/10/2024) malam.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa ia telah berlatih dan mempelajari hal-hal yang terkait dengan tema debat. Adapun tema debat perdana ini adalah Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global.

"Persiapannya mantap. Sudah siap, Insya Allah, sudah latihan dan belajar," kata Ridwan Kamil di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ridwan Kamil pun berharap debat bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun.

"Minta doanya, mudah-mudahan lisan dan pikiran dimudahkan. Salah satunya ditemani istri tercinta, baterainya pol 100 persen," ujar Ridwan Kamil.

"Pasti debatnya berbeda (dibandingkan sebelumnya) karena topik bahasannya kan nggak sama ya. Lawannya juga orang-orang pintar semua, mantan menteri, mantan jenderal. Aman, ini akan menjadi perdebatan yang sengit, tapi Insya Allah," tambahnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil tidak ingin membocorkan apakah dirinya menyiapkan gimik khusus dalam debat pertama ini.

"Tunggu tanggal mainnya," ucap Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta siap menggelar debat calon gubernur dan wakil gubernur yang berkontestasi di Pilgub Jakarta 2024.

Adapun debat akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (6/10/2024) pukul 19.00 WIB. Debat ini akan diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon).

Ketiga paslon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

"Kami ingin memastikan pelaksanaan debat berjalan dengan lancar dan kondusif. Untuk pendukung paslon, kami minta hadir lebih awal, antara pukul 17.00-18.00," kata Wahyu kepada wartawan.

Wahyu menyebutkan bahwa tema yang diangkat dalam debat malam ini adalah tentang penguatan sumber daya manusia (SDM) dan transformasi Jakarta menjadi Kota Global.

"KPU Provinsi DKI Jakarta juga telah memilih panelis debat dari berbagai latar belakang, seperti ahli perkotaan, hukum, akademisi, profesional, dan perwakilan Gen-Z," ujar Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan bahwa semua pihak yang terlibat dalam debat telah menandatangani Pakta Integritas untuk menjaga netralitas.

"Kami juga menekankan pentingnya kedisiplinan audiens selama debat, agar acara dapat berjalan tertib dan sesuai arahan moderator," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: