Punya Resep agar Keamanan Siber di Indonesia Terjamin, Dharma: Internet Mandiri

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 06 Oktober 2024 | 22:40 WIB
Paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana saat debat Pilgub Jakarta 2024. (BeritaNasional/Elvis)
Paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana saat debat Pilgub Jakarta 2024. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Calon gubernur (cagub) nomor urut 2 Dharma Pongrekun mengungkap resep dan cara agar keamanan siber di Indonesia terjamin.

Hal tersebut dikatakannya untuk menjawab pertanyaan cagub Pramono Anung soal privasi data yang kerap bocor saat debat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 di Grand Ballroom JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Saya dapat resepnya bagaimana cyber security (keamanan siber) di Indonesia bisa terjamin,’’ ungkapnya.

Resepnya adalah internet mandiri. Menurut Dharma, kalau internet tak mandiri, kebocoran data akan terus terjadi. Sebab, tidak ada sistem keamanan internet mandiri yang dibuat secara sendiri sehingga data-data masyarakat mudah sekali dibobol.

‘’Saya mohon Indonesia menjadi mandiri internet. Selama internetnya tidak mandiri, maka selama itu pula bocor semua. Seribu kali kita mengganti password apa pun yang kita lakukan, bocor,’’ katanya.

Dharma pun mencontohkan kasus Pusat Data Nasional (PDN) yang mengalami kebocoran karena dibobol oleh hacker.

‘’Jadi, tidak ada satu pun di ruang cyber ini yang aman. Contoh PDN aja kebocoran di maling yang maling ngaku baru ketahuan padahal detik ini semua data kita sudah bocor jadi saya paham betul mengenai dunia IOT (internet of things),’’ ucapnya. 

Dharma melanjutkan pentingnya menciptakan internet mandiri yang dirancang sendiri untuk menghindari kebocoran data.

‘’Oleh sebab itu, kalau kita tidak sungguh-sungguh membuat internet mandiri, maka  semuanya adalah bocor,’’ ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: