8 Negara Tolak Jadi Lawan Malaysia di FIFA Matchday Oktober 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 08 Oktober 2024 | 18:01 WIB
Timnas Malaysia. (Foto/FAM).
Timnas Malaysia. (Foto/FAM).

BeritaNasional.com - Sebanyak delapan negara menolak tawan uji coba dari Timnas Malaysia di FIFA matchday Oktober 2024. Dengan demikian, Timnas Malaysia hanya menjalani satu laga FIFA Matchday di bulan Oktober melawan Selandia Baru di tanggal (14/10/2024).

Beberapa negara yang menolak tawaran uji coba tersebut di antaranya adalah Kepulauan Solomon, Fiji, Tahiti, Kaledonia Baru, Vanuatu, dan Papua Nugini.

Wakil Presiden FAM Datuk Mohd Yusoff Mahadi mengakui pihaknya sudah mencoba mendatangkan dua tim untuk uji coba. Akan tetapi, negara tersebut memiliki kepentingan yang berbeda.

“Kami mencoba mendatangkan dua tim, tapi saya akui ada beberapa kesulitan apalagi setelah tim melakukan persiapan masing-masing. Mereka tidak menolak (undangan) tapi mereka punya komitmen lain yang mereka buat untuk kepentingan timnya," ujar Yusoff dikutip dari media lokal Malaysia, Berita Harian, Selasa (8/10/2024).

“Kami memahami masalah ini dan sampai kami ingin tim di bawah kami hanya sekedar menjalani laga persahabatan, itu juga sulit karena mereka punya persiapan sendiri yang cocok untuk mereka," imbuh dia.

Karena itu, Yusoff menuturkan bilamana Timnas Malaysia kesulitan mendapatkan lawan di FIFA Matchday bukan karena FAM.

“Dalam situasi sekarang, bukan tim-tim besar yang tidak mau bermain bersama kami karena mereka juga melihat (kemampuan tim kami), tapi mereka punya target sendiri. Hanya saja waktunya mungkin tidak tepat karena mereka terlibat. di pertandingan lain," urainya.

Akibat hanya menggelar satu laga uji coba, peluang Timnas Malaysia meraup banyak poin di ranking FIFA pada Oktober 2024 sangatlah kecil. Jika menang atas Selandia Baru, Timnas Malaysia hanya mendapatkan tambahan 6,22 poin.

Hal itu berbeda dengan Timnas Indonesia yang bisa panen poin bulan ini. Jika menang atas Bahrain dan China, Timnas Indonesia bakal meraup tambahan 32 poin di ranking FIFA Oktober 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: