Sekjen PBB Serukan Perdamaian pada Peringatan Setahun Perang Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 08 Oktober 2024 | 21:00 WIB
Sekjen PBB serukan perdamaian di timur tengah (Foto/X Antonio  Gutteres)
Sekjen PBB serukan perdamaian di timur tengah (Foto/X Antonio Gutteres)

BeritaNasional.com - Memperingati satu tahun perang di Gaza, yang meletus pada 7 Oktober 2023, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres dalam pesannya pada Senin (7/10/2024). Ia menyerukan perdamaian di Timur Tengah.

"Hari ini menandai satu tahun sejak peristiwa mengerikan pada 7 Oktober ketika Hamas melancarkan serangan teror skala besar ke Israel yang menewaskan lebih dari 1.250 warga Israel dan warga negara asing, termasuk anak-anak dan perempuan," kata Guterres.

Lebih dari 250 orang diculik dan dibawa ke Gaza, termasuk banyak perempuan dan anak-anak.

"Ini merupakan hari bagi komunitas global untuk mengulangi dengan suara lantang kecaman kita terhadap tindakan keji Hamas, termasuk penyanderaan," ujar Guterres.

Ia menjelaskan, sejak 7 Oktober 2023, gelombang kekerasan dan pertumpahan darah yang mengerikan telah meletus, dan perang terus menghancurkan kehidupan dan menimbulkan penderitaan kemanusiaan yang mendalam bagi warga Palestina di Gaza, dan sekarang rakyat Lebanon.

"Ini saatnya membebaskan para sandera. Saatnya membungkam senjata. Saatnya menghentikan penderitaan yang telah melanda kawasan ini. Waktunya untuk perdamaian, hukum internasional, dan keadilan," ujarnya dikutip dari Antara.

"Dan janganlah kita pernah berhenti berupaya untuk mencapai solusi yang berkelanjutan bagi konflik. Israel, Palestina, dan semua negara lain di Timur Tengah diharapkan bisa hidup damai dan bermartabat serta saling menghormati satu sama lain," ujar Guterres.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: