Mengapa Kulit Manusia Berbeda?

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Rabu, 09 Oktober 2024 | 08:00 WIB
(Istimewa/BeritaNasional)
(Istimewa/BeritaNasional)

BeritaNasional.com -  Tahukah kamu mengapa kulit manusia berbeda? Hal itu disebabkan beberala faktor salah satunya warisan yang dari para orang tua kita. 

Jadi, tidak bisa disangkal warna yang dimiliki berhubungan erat dengam faktor genetik dan biologis lainnya. Lalu apa yang menyebabkan begitu beragamnya warna kulit manusia?

Kenapa sih warna kulit bisa berbeda?

Warna kulit (skin tone) manusia diawali dari warna cokelat yang paling gelap hingga warna cokelat yang paling terang? 

Pada dasarnya, perbedaan skin tone setiap manusia dipengaruhi oleh pigmemtasi paparan sinar matahari, atau kombinasi dari keduanya.

Selain itu, perbedaan lingkungan berkontribusi terhadap warna yang dimiliki.

Pigmen

Salah satu faktor penentu warna kulit adalah pigmen. Pigmen dalam kulit disebut sebagai melanin yang dihasilkan oleh sel-sel khusus yaitu melanosit.

Pigmen  tersebar di antara sel-sel lain pada lapisan terdalam dari lapisan basal, yakni lapisan luar kulit. Bila melanin sudah diproduksi maka akan menyebar ke sel-sel kulit terdekat lainnya.

Distribusi dan jumlah melanin dalam sel-sel kulit inilah yang menentukan apakah kamu berkulit gelap atau terang. 

Tanpa melanin, kulit akan menjadi pucat dengan nuansa merah muda akibat aliran darah melalui kulit. itu sebabnya, orang berkulit putih menghasilkan sedikit melanin, sedangkan pemilik kulit gelap memiliki jumlah melanin lebih banyak. 

 

Lingkungan berpengaruh loh...

Hal-hal yang dapat meningkatkan atau menurunkan produksi melanin bisa memengaruhi warna kulit manusia. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak melanin. Alhasil, kulit pun akan menjadi lebih gelap. 

Ini yang menjelaskan mengapa kebanyakan orang yang tinggal di wilayah yang dingin dengan sedikit paparan sinar matahari memiliki kulit yang terang.

Sementara itu, masyarakat di wilayah tropis cenderung berkulit gelap karena sering terkena sinar matahari.

 

Perubahan Warna Kulit

Seiring bertambahnya usia, beberapa area kulit mungkin akan berubah menggelap.

Warna kulit yang tidak merata pada wajah dan tangan lansia disebabkan oleh distribusi sel pigmen atau melanosit yang tidak merata. 

Tidak hanya itu, kamu mungkin tidak akan selamanya berkulit cerah karena bisa berubah akibat musim dan paparan sinar matahari. 

Walaupun tidak berdampak secara langsung, menjaga kesehatan kulit penting ketika kamu ingin mempertahankan warna kulit alami.

Hal ini juga diperlukan untuk mencegah berbagai penyakit kulit yang bisa terjadi kapan dan di mana saja. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: