Dasco Berkelakar Sebut Maman Golkar Jadi Menteri UMKM saat Bahas Motor Listrik

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 09 Oktober 2024 | 12:46 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat memberikan keterangan terkait kursi menteri UMKM. (BeritaNasional/ahda)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat memberikan keterangan terkait kursi menteri UMKM. (BeritaNasional/ahda)

BeritaNasional.com - Ketua Harian Partai Gerindra dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut anggota DPR Fraksi Golkar Maman Abdurrahman sebagai calon menteri UMKM. 

Dasco menyampaikan hal itu dalam audiensi membahas motor listrik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Awalnya, Maman bicara mengenai subsidi motor listrik diubah menjadi insentif. Tujuannya, motor listrik mudah masuk dan menggantikan sepeda motor berbahan bakar fosil. 

Sebab, penggunaan istilah subsidi akan memperketat penggunaannya, seperti dikhususkan untuk orang yang tidak mampu.

"Sekadar saran, karena pada saat ini masuk kepada diksi subsidi. Akhirnya, semua akan di-treatment seperti subsidi-subsidi energi sebagai contoh syarat-syarat yang berhak mendapat subsidi itu pasti masuk kategori orang tidak mampu dan sebagainya," kata Maman.

"Makanya, waktu itu, dalam beberapa perdebatan diskusi, kita menyarankan untuk intensif kenapa jadi intensif? Adalah untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang awalnya mengonsumsi motor berfosil fuel jadi motor listrik," jelas Maman.

Kemudian, Maman menambahkan UMKM juga dilibatkan ke depannya. 

"Catatan terakhir, kalau itu sudah berjalan, mohon untuk supaya part dukungan itu melibatkan UMKM," katanya.

Mendengar penjelasan Maman tersebut, Dasco langsung berkelakar menyebut politikus Golkar itu sebagai calon menteri UMKM.

"Calon menteri UMKM udah nyambung," kata Dasco.

Saat dikonfirmasi terpisah, Dasco mengaku mendoakan Maman untuk bisa mengurus UMKM yang berkaitan dengan motor listrik. Ia belum mau mengungkap apakah Maman akan menjadi menteri UMKM di era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto mendatang.

"Ya, tadi saya doakan kepada Pak Maman supaya itu bisa mengurus UMKM dengan baik yang berkaitan dengan motor listrik terutama begitu," katanya. 

"Itu nanti kita lihat dua minggu lagi," sambung Dasco.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: