PKB Dukung Capres-Cawapres Diundang Pelantikan Presiden: Biar Sejuk

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 09 Oktober 2024 | 17:50 WIB
PKB dukung capres-cawapres diundang pelantikan presiden (Beritanasional/Elvis)
PKB dukung capres-cawapres diundang pelantikan presiden (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengapresiasi keputusan MPR RI yang mengundang seluruh calon presiden dan calon wakil presiden 2024 ke pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Salah satu yang diundang adalah pasangan Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Sebagai ide usulan, saya mengapresiasi," ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/10/2024).

Jazilul menilai langkah MPR itu akan membuat suasana sejuk. Seluruh calon presiden dan calon wakil presiden bisa berkumpul kembali.

"Itu akan membuat sejuk di masyarakat. Kalau diundang, saya pribadi akan menyarankan hadir," katanya.

Sementara, Wakil Ketua Umum PKB Cucun Ahmad Syamsurijal memastikan, Cawapres 01 dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bakal hadir.

"Ketum partai pasti diundang lah hadir semua. Pasti diundang pasti hadir semua," kata Cucun.

Sebelumnya, MPR RI mengundang semua kandidat calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 untuk hadir dalam pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang. 

Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo, dan Mahfud MD turut diundang.

"Insya Allah pelantikan akan dihadiri sejumlah tokoh-tokoh, termasuk akan dihadiri selain presiden dan wakil presiden terpilih. Kami akan undang kandidat presiden, kandidat wakil presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024," ujarnya seusai rapat pimpinan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Muzani mengatakan undangan kepada para capres dan cawapres 2024 segera dikirimkan.

Selain itu, para mantan presiden dan wakil presiden akan diundang. Muzani memastikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diundang dalam pelantikan 20 Oktober.

"Tentu, Pak Jokowi dan Pak Maruf Amin akan kami undang untuk hadir dalam rencana pelantikan," kata Sekjen Gerindra ini.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: